√ 3 Pengelompokan Warnagedung arsitektur: 3 Pengelompokan Warna

Minggu, 26 Juli 2020

3 Pengelompokan Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Ada berapa pengelompokan warna? Apa saja pengelompokan warna? Apa kamu tahu pengelompokan warna. Dalam sebuah warna ada beberapa pengelompokan, dengan warna pokok (primer) warna sekunder (percampuran antara warna primer) dan warna tersier ( percampuran antara warna primer dan sekunder).
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/3-pengelompokan-warna.html
 Sebuah warna juga dikelompokan, dikumpulkan, golongan dengan jenis yang sama, atau dipisah-pisah sesuai dengan jenis yang sama, supaya gampang dan dapat dibedakan dengan mudah. Ada juga pengelompokan mulai dari warna pokok (primer) warna sekunder dan warna tersier.

Seorang Tiryssae Newton pada thn (1642-1727) menemukan hubungan antara cahaya matahari dan warna. Tiryssae Newton  berhasil menguraikan sebuah cahaya matahari menjadi warna merah, kuning, jingga, biru, ungu dan nila. Sedangkan di atas merah ada warna infra merah dan dibawahnya warna merah, warna ungu, dan ada ultra violet.

Baca Juga : Teori Tentang Warna

Sebuah uraian warna ini dinamakan spectrum, seorang ahli grafis Jerman Le Blond pada tahun (1730) menyederhanakan bahwasannya temuan dari seorang yang bernama Newton menjadi 3, warna pokok, yaitu merah, kuning dan biru yang dinamakan warna primer.

Kalau percampuran antara dua warna pokok disebut warna sekunder, yaitu merah dan biru menjadi ungu, merah dan kuning menjadi oranye, hijau dan ungu menjadi hijau ungu. Sedangkan percampuran warna sekunder disebut dengan warna tersier, yaitu orange dan ungu menjadi orange ungu, orange dan hijau menjadi orange hijau, hijau dan ungu menjadi hijau ungu.
Pengelompokan Warna 

Nah ada beberapa pengelompokan warna sebagaimana yang dikatakan dalam buku, para ahli, indahayupratiwixiimm, wikipedia dan yang lainnya. Dan pengelompokan, pengumpulan berdasarkan jenis-jenisnnya, sebagaimana yang saya uraikan dibawah ini.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/3-pengelompokan-warna.html

Baca Juga : Arti Warna

1. Warna Pokok (primer)

Warna primer adalah warna yang menjadi pedoman setiap orang untuk menggunkannya. Dalam penggunaannya warna pokok ada dua macam. Untuk grafis, yang dipakai adalah pigmen yang terdiri dari biru (cyan), merah (magenta), dan kuning (yellow).

Pada foto dan grafis komputer, warna pokok cahaya terdiri dari red, green, dan blue (RGB). Dalam komputer, warna-warna yang pertama cyan, magenta dan yellow masih ditambahkan warna key (hitam) sehingga dikenal istilash CMYK.

2.    Warna Sekunder

Nah kalau warna sekunder ini merupakan suatu percampuran antara warna primer.

a. Merah + biru = ungu/violet
b. Merah + kuning = oranye/jingga
c. Kuning + biru = hijau

Baca Juga : Definisi Warna

3. Warna Tersier

Kalau warna tersier ini merupakan suatu percampuran antara warna sekunder dengan warna primer.

a. Merah + ungu = merah ungu
b. Ungu + biru = ungu biru
c. Biru + hijau hijau biru
d. Hijau + kuning = kuning hijau
e . Kuning + oranye = oranye kuning

Jadi itulah pengelompokan, kumpulan dari warna, sebagaimana yang dikatakan diatas itu menurut sebagaimana orang mengatakannnya. Dan beberapa yang saya bahas di atas juga, merupakan sebuah pengelompokan warna dari sebuah warna, yang dikatakan oleh para ahli dan sumber yang terpercaya.

MUngkin sekian dulu pembahasan kali ini dilanjut dan disambung dilain waktu dalam pembahasan yang baru, semoga kalian semua diberikan kesehatan, dan semoga sehat selalu ya. Dan terima kasih juga kepada kalian semua terutama yang sudah mengunjungi, membaca, dan mendukung. Semoga artikel ini bermanfaat kepada siapa saja yang membutuhkan pembahasan ini.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...