√ Warnagedung arsitektur: Warna

Sabtu, 25 Juli 2020

Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa itu warna? Ada berapa warna? Apa kamu tahu pengertian warna? Dan disini saya akan membahasnnya mengenai warna. Karna sebuah warna itu sangat penting, kapanpun dan dimanapun, sebuah warna sangat penting bagi kehidupan manusia, karna hidup itu harus berwarna.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/warna.html

Anda juga harus tahu mengenai warna, dan harus paham, kalau tidak mengerti mengenai warna ya minimal tahu dan paham dalam pengaplikasiannya. Karna sebuah warna itu sangat berperan penting bagi kehidupan kita baik itu untuk kebutuhan pribadi atau kebutuhan umum. Sebelum pembahasanna jauh mari kita kenali pengertian dari warna.

Apa kamu tahu definisi/pengertian dari warna? nah disini saya akan jelaskan definisi/pengertian dari warna yang mana definisi ini disebutkan oleh para ahli. Pengertian warna ini dikemukakan oleh wikipedia, perusahaan besar, ternama, dan pastinnya terpercaya.Yuk kita simak penjelasannya dengan baik jangan lupa bacannya sambil ngopi ya.

Baca Juga : Definisi Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.

1. Dalam peralatan optis

Dalam peralatan optis, warna bisa pula berarti interpretasi otak terhadap campuran tiga warna primer cahaya: merah, hijau, biru yang digabungkan dalam komposisi tertentu. Misalnya pencampuran 100% merah, 0% hijau, dan 100% biru akan menghasilkan interpretasi warna magenta.

2. Dalam seni rupa

Dalam seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Misalnya pencampuran pigmen magenta dan cyan dengan proporsi tepat dan disinari cahaya putih sempurna akan menghasilkan sensasi mirip warna merah.

Baca Juga : Teori Tentang Warna

Karna setiap percikan dari warna-warna yang ada itu memberikan sebuah kesan dan identitas tertentu kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Atau dalam arsitektur warna putih itu identik dengan suasana rapih, ramah, bersih, lembut aman dan nyaman.

Namun ada juga dinegara-negara tertentu yang beranggapan warna putih itu identik yang sangat menyeramkan, namun ada juga yang sebaliknnya. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna).

3. Di dalam ilmu warna

Di dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagai ketidakhadiran seluruh jenis gelombang warna. Sementara putih dianggap sebagai representasi kehadiran seluruh gelombang warna dengan proporsi seimbang. Secara ilmiah, keduanya bukanlah warna, meskipun bisa dihadirkan dalam bentuk pigmen.

Baca Juga : Pengelompokan Warna


Istilah lain


https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/warna.html

Nilai warna, ditentukan oleh tingkat kecerahan maupun kesuraman warna. Nilai ini dipengaruhi oleh penambahan putih ataupun hitam. Di dalam sistem RGB, nilai ini ditentukan oleh penambahan komponen merah, biru, dan hijau dalam komposisi yang tepat sama walaupun tidak harus penuh seratus persen.

Jadi itulah definisi dari warna menurut sumber yang terpercaya dan menurut para ahli mengatakan sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. Memang sebuah warna sangat banyak dan satu warna mempunyai arti dan makna tersendiri, dan kadang setiap arti warna berbeda-beda, sebagaimana kita menempatkan dan dimana kita tinggal.

Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya mengenai pengertian/definisi warna, semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacannya. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua terutama yang mengunjungi website ini dan yang sudah membacannya, semoga anda terinpirasi dan artikel ini semoga membantu.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...