√ Pengelompokan Warnagedung arsitektur: Pengelompokan Warna

Minggu, 26 Juli 2020

Pengelompokan Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Ada berapa pengelompokan warna? Apakah anda tahu pengelompokan warna? mengenai pengelompokan warna. Anda juga harus tahu dari setiap pengelompokan warna, karna tahu dari sifat, arti, kesan, dan pengelompokan sebuah warna itu perlu, dan harus dipahami.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/pengelompokan-warna.html

Karna setiap warna yang ada dimuka bumi ini mempunyai makna, arti tertentu, dan akan membawa kesuasana yang kita inginkan dengan memilih warna yang tepat. Karna warna juga mempunyai sebuah pengelompokan seperti halnnya warna netral, warna kontras, warna panas, warna dingin dan ada juga warna yang menjadi simbol kelembutan.

Dan adapun sebuah pengertian atau definisi dari sebuah warna, menurut wikipedia dan sumber yang terpercaya, ini juga menurut para ahli. Dan ada juga sebuah pembagian pengelompokan warna serta istilah lain menurut para pakar, para ahli dan menurut wikipedia serta sumber yang terpercaya.

Baca Juga : Definisi Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Sebagai contoh warna biru memiliki panjang gelombang 460 nanometer. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380-780 nanometer.


Pengelompokan Warna

Nah dibawah ini ada beberapa pengelompokan warna mulai dari warna netral, warna kontras atau komplementer, warna panas, warna dingin dan warna yang menjadi simbol kelembutan. Dan nilai warna juga sering ditentukan oleh tingkat kecerahan dan kesuraman warna. Dibawah ini beberapa pengelompokan warna:


https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/pengelompokan-warna.html

1. Warna Netral

 Warna netral, adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.


Baca Juga : Warna

2.  Warna Kontras Atau Kmplementer

Warna kontras atau komplementer, adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.

3. Warna Panas

Warna panas, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini menjadi simbol, riang, semangat, marah dsb. Warna panas mengesankan jarak yang dekat.

4. Warna Dingin

Warna dingin, adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. 

5. Warna Ini MENJADI SIMBOL Kelembutan

Warna ini menjadi simbol kelembutan, sejuk, nyaman dsb. Warna dingin mengesankan jarak yang jauh.


Baca Juga : Arti Warna

#Istilah lain

Nilai warna, ditentukan oleh tingkat kecerahan maupun kesuraman warna. Nilai ini dipengaruhi oleh penambahan putih ataupun hitam. Di dalam sistem RGB, nilai ini ditentukan oleh penambahan komponen merah, biru, dan hijau dalam komposisi yang tepat sama walaupun tidak harus penuh seratus persen.

Jadi itulah sebuah pembahasan dari pengelompokan warna dan dari istilah lain yang perlu anda semua tahu dan pahami dengan seksama. Karna betahnnya, nyamannya sebuah ruangan, tempat, atau estetika dan keindahannya itu bergantung bagaimana kita menempatkan dan menerapkannya dengan yang tepat atau tidak tepat.

Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya mengeani sebuah pengelompokan warna, semoga kalian semua terinpiras dengan adannya pembahasan ini. Dan tidak lupa juga semoga kalian sehat selalu dan terima kasih banyak kepada kalian yang sudah mendukung dan mengunjungi apalagi yang sudah membaca, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...