√ DIFERENSIASI PRODUK DAN JASAgedung arsitektur: DIFERENSIASI PRODUK DAN JASA

Rabu, 18 September 2019

DIFERENSIASI PRODUK DAN JASA

DIFERENSIASI PRODUK DAN JASA




Deferensiasi produk dan jasa seorang yang wirasuasta atou bekerja sendiri dan berkarya dan menjualnnya dengan produk dan jasa diri sendiri itu sangat baik dan bagus untuk mengembangkan suatu usaha kita terutama yang kita mampu,  kita punnya skill dan saopskil kita menggabungkannya dengan tujuan supaya orang lain tau dan kenal dan ingin mengenali produk dan jasa kita dan  karya-kaya kita akan menyebar luas di seluruh dunia.

Nah dikali ini saya akan membahas tentang diferensiasi produk dan jasa bila anda mencari tentang diferensiasi produk dan jasa maka kalian tidak salah lagi berkunjung karna di artikel ini saya akan membahas sebagian tentang diferensiasi produk dan jasa maka kalian beruntung sudah berkunjung ke website/blog ini karna yang kalian cari sudah saya tuliskan sebagian.


Supaya dapat diberi merek, produk harus didiferensiasikan. Produk-produk fisik bervariasi dalam potensi mereka untuk diferensiasi. Pemasar selalu mencari dimensi baru.

1. Diferensiasi produk 


Menurut Philip  kotler, banyak produk dapat didiferensiasi berdasarkan bentuk (ukuran, model, atou struktur fisik produk). Contohnnya, aspirin. Walaupun pada hakikatnnya merupakan komoditas, ia dapat dideferensiasikan berdasarkan ukuran dosis, bentuk, warna, lapisan luar, masa fungsi.


a) Fitur (feature), melalui survey, dapat didentifikasi dan diseleksi tentang nilai pelanggan dibandingkan biaya perusahaan untuk pitur yang melengkapi fungsi dasar produk.


b) Pennyesuaian missal (mass customization):  kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan untuk menyiapkan produk, jasa, program, dan komunikasi berbasis missal yang dirancang secara invidual.


c) Kualitas kinerja (ferformance quality), tingkat  dimana  karakteristik  utama produk beroperasi. Empat level kinerja adalah: rendah, rata-rata, tinggi dan unggul. Perusahaan harus merancang satu level kinerja yang sesuai dengan pasar sasaran dan level kinerja pesaing.


d) Mutu kesesuaian (conformance quality), misalnnya mobil A dirancang untuk mencapai kecepatan 6 mil per jam dalam 10 detik. Jika produk yang selsai dirakit memenuhi itu, dikatakan memenuhi mutu kesesuaian tinggi.


e) Daya tahan (durability). Ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinnya produk dalam kondisi normal/berat. Biasannya pembeli bersedia membayar lebih untuk produk dengan  refutasi “tahan lama”


f) Keandalan (reability) adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atou gagal dalam priode waktu tertentu.


g) Mudah diperbaiki.  Sifat mudah diperbaiki yang ideal adalah jika pemakai dapat memperbaiki sendiri dengan biaya yang relative kecil.


h) Gaya (style) pembeli mobil pembayar harga premium untuk jaguar yang penampilannya 

luar biasa.

Baca Juga : Ciri-Ciri Produk Dan Jasa

2. Diferensiasi jasa


Menurut Philip kotler, jika produk fisik tidak mudah didefensiasi, kunci keberhasilan dalam persaingan sering terletak  pada penambahan jasa atou pelayanan yang menambah nilai sera perbaikan mutu produk fisik itu. Pembeda utama layanan adalah hal berikut:


a. Kemudahan pemesanan (ordering ease). Banyak bank sekarang menyediakan perankat lunak perbankan dirumah untuk membantu nasabah mendapatkan informasi dan bertransaksi dengan bank secara lebih efisien. Para konsumen sekarang bahkan mampu 

memesan dan menerima bahan makanan tanpa pergi ke supermarker.

b. Pengiriman (delivery). Mengacu pada seberapa baik produk atou jasa diserahkan kepada pelanggan. Contoh; pizza disampaikan dalam keadaan panas kepada pembeli di rumah.


c. Pemasangan (installation) mengacu pada pekerjaan yang dilakukan untuk membuat produk tertentu beroperasi dilokasi yang direncanakan.


d. Pelatihan pelanggan (customer training) mengacu pada pelatihaan para pegawai pelanggan untuk menggunakan peralatan dair penjual  secara tepat dan efisien. (alat x-ray dsb).


e. Konsultasi pelanggan (customer consulting). Mengacu pada pelayanan data, system informasi, dan saran yang diberikan penjual kepada pembeli.


f. Pemeliharaan dan perbaikan (maintenance dan repair) merupakan program pelayanan perusahaan untuk membantu pelanggan menjaga produk yang mereka beli senantiasa  dalam kondisi kerja yang baik.


Baca Juga : Karakteristik Produk Dan Jasa

Nah itu pembahsan tentang diferensiasi produk dan jasa mungkin ada beberapa yang saya ga tuliskan disini dan mungkin kalian lebih tau dan lebih tinggi ilmunnya dari saya namung saya khususkan ini khususnnya untuk orang awam yang mencari tentang penjelasan tentang diferensiasi produk dan jasa supaya tidak kebingungan maka baca dan amati pahami atrikel ini dan bila ada yang kurang mohon maaf.

Hai kalian yang sudah membaca tentang artikel diferensiasi produk dan jasa mungkin sekian dulu pembahsan dikali hari yang cerah ini disambung dilain waktu dan tempat dan bila ada pertannyaan yang belum dimengerti boleh bisa tannyakan di kolom komentar atau juga lewat contact yang saya sudah sediakan dan terima kasih atas kunjungannya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...