√ PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN DAN MARKETING PLANgedung arsitektur: PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN DAN MARKETING PLAN

Jumat, 08 November 2019

PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN DAN MARKETING PLAN

PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN DAN MARKETING PLAN



Perbedaan Strategi Pemasaran Dan marketing Plan, gedungarsitek, Tidak jarang seseorang  banyak merasa sangat kebingungan membedakan antara marketing strategy dan marketing plan. Karna kami telah menemukan suatu cara yang begitu mudah untuk menjelaskan suatu perbedaan antara marketing strategy dan marketing plan diantara keduanya, halnnya seperti ini:

Marketing strategy - marketing strategy atau bisa juga dikatakan dengan strategi pemasaran merupakan suatu penjelasan dari suatu sasaran yang dibutuhkan untuk mencapai segala upaya pemasaran kalian. Ini yaitu soal “apa” yang ingin kalian capai. Strategi pemasaran kalian terbentuk oleh sasaran bisnis kalian. Karna suatu tujuan bisnis dan strategi pemasaran kalian harus berjalan beriringan.

Marketing Plan – marketing plan atau bisa juga dikatakan dengan rencana pemasaran merupakan suatu cara bagaimana kalian mencapai suatu sasaran pemasaran. Karna hal tersebut yaitu penerapan suatu strategi kalian sekaligus roadmap yang yang akan memandu kalian dari satu titik ke titik yang lainnya. Karna berbeda dari strategi, rencana pemasaran yaitu soal “bagaimana”kalian mencapai suatu tujuan pemasaran.

Persoalannya, kebanyakan orang berusaha untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan, baik waktu maupun uang.

Ketika bicara tentang pemasaran, kita harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggali bagaimana. Strategi adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan.

Baca Juga : Pengertian Strategi Pemasaran 
  • Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja:
  • Tujuan : Untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.
  • Strategi Pemasaran : Mengenalkan ke segmen pasar baru.
  • Marketing plan : mengembangkan suatu kampanye pemasaran, serta mengidentifikasi, dan memfokuskan pada suatu segmen tertentu.
Dan sebuah formula yang sukses yang dapat digunakan untuk lebih menjelaskan betapa pentingnya suatu marketing strategy dan marketing plan terlihat seperti ini:

Marketing strategy —> marketing plan —> Pelaksanaan = Sukses
  • strategi pemasaran kalian terdiri dari:
  • “Apa” yang harus dilakukan.
  • Menginformasikan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menginformasikan kepada konsumen faktor perbedaan.
  • Rencana pemasaran kalian terdiri dari:
  • “Bagaimana” untuk melakukannya. Buatlah suatu  kampanye marketing dan promosi yang akan mencapai “apa” di dalam strategi kalian. 
Jika kalian sedang mempersiapkan suatu strategi pemasaran dan rencana pemasaran untuk masuk ke dalam suatu perencanaan bisnis kalian, dan berikut yaitu suatu komponen yang sangat penting yan harus kalian masukkan ke setiap bagian - bagiannya.
  • Komponen dari Strategi Pemasaran kalian:
  • Eksternal Pemasaran Pesan
  • Dalam Penentuan posisi Sasaran
  • Jangka Pendek Tujuan dan Sasaran
  • Jangka Panjang Tujuan dan Sasaran
  • Tantangan anda
Uraian singkat produk atau jasa kalian yang akan dipasarkan dan rekapan tujuan yang diidentifikasi dalam suatu strategi pemasaran kalian.
  • Analisis Situasi
Bagian ini harus mengidentifikasi hal berikut:
  • Sasaran
  • Fokus
  • Kultur
  • Kekuatan
  • Kelemahan
  • Pangsa pasar
  • Analisis Pesaing kalian
Apa posisi pemasaran kalian? Apa posisi pasar mereka? Apa saja nilai-nilai yang menggerakkan mereka? Apa kelemahan kalian? Apa pangsa pasar yang kalian mengejar? Apa yang memiliki pangsa pasar pesaing kalian sudah disadap?

Baca Juga : Perencanaan Strategi Pemasaran 
  • Identifikasi 4 P Anda (Produk / Price / Place/ Promotion)
Bagaimana kalian akan menggunakan suatu informasi ini untuk mencapai suatu tujuan yang telah diidentifikasi dalam strategi pemasarankalian.

Seperti yang kalian lihat, strategi pemasaran kalian berjalan beriringan dengan rencana pemasaran kalian. Tanpa keduanya, kalian tidak saja membuang-buang sumber daya, tetapi kalian juga bisa terjebak dan berakhir tanpa ide dan kemana kalian harus pergi.

Dan ternyata cukup banyak juga yang masih kebingungan dengan pengertian strategi pemasaran (marketing strategy) dan marketing plan. Padahal keduannya sangat begitu berbeda. Marketing strategy adalah penjelasan tentang goal yang perlu dicapai dengan usaha yang dijalankan. Cukup melihatnnya di business goal yang sudah dirancang. Sementara itu marketing plan yaitu suatu perencanaan bagaimana kita mencapai suatu marketing goal yang sudah kita atur tadi. Jadi marketing plan lebih mengarah ke sebuah peta atau pemandu dari satu langkah ke yang lainnya.

Urutan pekerjaan marketing strategy  —>  marketing plan  —> implementasi = Sukses. 

Karna itu untuk membuat marketing plan, pemahaman tentang pengertian strategi pemasaran harus didahulukan disamping mengetahui komponen pentingnnya. Komponenn marketing strategi sendiri antara lain external marketing massage, menetapkan tujuan sasaran, sasaran jangka pendek dan tujuannya dan sasaran jangka panjang dan tujuannya.
  • Sedangkan untuk marketing plan komponennya adalah sebagai berikut :
Karna suatu tantangan yang kita hadapi ( bisa tentang suatu deskripsi produk atau juga servis dan rekap sasaran yang disebutkan dimarketing strategy tadi ). Analisa situasi sekarang, yang bisa meliputi sasaran, focus, budaya, kekuatan, kelemahan, dan market share. Setelah membuat kerangka diatas, kini saatnnya melakukan analisis konsumen. Analisa ini bisa berupa target konsumen yang ingin diperoleh, jenisnnya, alasan kenapa mereka mereka beli produk, konsumen yang seperti apa yang akan dibidik dan seterusnnya.

Baca Juga : Macam - Macam Strategi Pemasaran

Melakukan analisis seperti ini nanti bisa memperuncing strategi pemasarannya dan tahu langkah apa yang dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak. Selain itu, ada baiknnya juga melakukan analisa kompotitor. Kegiatannya selanjutnnya bisa mengukurnnya dari diposisi mana bisnis yang telah dilaksanakan, menentukan kompotitornnya. Apa saja kelebihan perusahaan disbanding kompotitor dan apa saja kekurangan dari perusahaan. kegiatan ini sangat baik supaya kita bisa memahami celah kompotitor dan menentukan strategi yang baik. Ingat, berhadapan dengan kompotitor besar akan sangat sulit, tapi ketika kita menyediakan apa yang tidak mereka punya tapi dicari konsumen tentu hasilnnya akan lainnya.

Jadi itulah pembahasan dikali pagi yeng begitu cerah ini tentang mengenai perbedaan strategi pemasaran dan marketing plan jadi kalian sudah mengunjungi dan membca artikel ini apakah masih bingung membedakannya tentu ketika kalian sudah membaca artikel ini yang saya tulis dengan begitu renyah, simple, ringkes dan begitu sangat mudah dipahami mungkin sehingga saya atau kalian lebih gampang dan mudah memahaminnya dan dalam membedakannya.

Mungkin sekian dulu pembahasan saya pada kesempatan yang begitu bahagia dan hari yang begitu cerah ini dan saya sangat mengucapkan terima kasih kepada kalian yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan terima kasih juga yang sudah membacannya dan semoga apa yang saya tulis dan saya update ini dapat bermanfaat untuk siapa saja yang membutuhkan, dan sekian dulu dilanjut dilain waktu dan saya mohon pamit pembahasan ahri ini.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...