PERBEDAAN STRATEGI PEMASARAN DAN MARKETING PLAN
Marketing strategy - marketing strategy atau bisa juga dikatakan dengan strategi pemasaran merupakan suatu penjelasan dari suatu sasaran yang dibutuhkan untuk mencapai segala upaya pemasaran kalian. Ini yaitu soal “apa” yang ingin kalian capai. Strategi pemasaran kalian terbentuk oleh sasaran bisnis kalian. Karna suatu tujuan bisnis dan strategi pemasaran kalian harus berjalan beriringan.
Marketing Plan – marketing plan atau bisa juga dikatakan dengan rencana pemasaran merupakan suatu cara bagaimana kalian mencapai suatu sasaran pemasaran. Karna hal tersebut yaitu penerapan suatu strategi kalian sekaligus roadmap yang yang akan memandu kalian dari satu titik ke titik yang lainnya. Karna berbeda dari strategi, rencana pemasaran yaitu soal “bagaimana”kalian mencapai suatu tujuan pemasaran.
Persoalannya, kebanyakan orang berusaha untuk mencapai “bagaimana” tanpa terlebih dahulu mengetahui “apa.” Hal ini bisa berakhir dengan membuang-buang sumber daya bagi perusahaan, baik waktu maupun uang.
Ketika bicara tentang pemasaran, kita harus senantiasa mengenali apa dan kemudian menggali bagaimana. Strategi adalah pemikiran, sementara perencanaan adalah tindakan.
Baca Juga : Pengertian Strategi Pemasaran
- Berikut adalah contoh bagaimana keduanya bekerja:
- Tujuan : Untuk mendapatkan adopsi pasar yang lebih luas.
- Strategi Pemasaran : Mengenalkan ke segmen pasar baru.
- Marketing plan : mengembangkan suatu kampanye pemasaran, serta mengidentifikasi, dan memfokuskan pada suatu segmen tertentu.
Marketing strategy —> marketing plan —> Pelaksanaan = Sukses
- strategi pemasaran kalian terdiri dari:
- “Apa” yang harus dilakukan.
- Menginformasikan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
- Menginformasikan kepada konsumen faktor perbedaan.
- Rencana pemasaran kalian terdiri dari:
- “Bagaimana” untuk melakukannya. Buatlah suatu kampanye marketing dan promosi yang akan mencapai “apa” di dalam strategi kalian.
- Komponen dari Strategi Pemasaran kalian:
- Eksternal Pemasaran Pesan
- Dalam Penentuan posisi Sasaran
- Jangka Pendek Tujuan dan Sasaran
- Jangka Panjang Tujuan dan Sasaran
- Tantangan anda
- Analisis Situasi
- Sasaran
- Fokus
- Kultur
- Kekuatan
- Kelemahan
- Pangsa pasar
- Analisis Pesaing kalian
Baca Juga : Perencanaan Strategi Pemasaran
- Identifikasi 4 P Anda (Produk / Price / Place/ Promotion)
Seperti yang kalian lihat, strategi pemasaran kalian berjalan beriringan dengan rencana pemasaran kalian. Tanpa keduanya, kalian tidak saja membuang-buang sumber daya, tetapi kalian juga bisa terjebak dan berakhir tanpa ide dan kemana kalian harus pergi.
Dan ternyata cukup banyak juga yang masih kebingungan dengan pengertian strategi pemasaran (marketing strategy) dan marketing plan. Padahal keduannya sangat begitu berbeda. Marketing strategy adalah penjelasan tentang goal yang perlu dicapai dengan usaha yang dijalankan. Cukup melihatnnya di business goal yang sudah dirancang. Sementara itu marketing plan yaitu suatu perencanaan bagaimana kita mencapai suatu marketing goal yang sudah kita atur tadi. Jadi marketing plan lebih mengarah ke sebuah peta atau pemandu dari satu langkah ke yang lainnya.
Urutan pekerjaan marketing strategy —> marketing plan —> implementasi = Sukses.
Karna itu untuk membuat marketing plan, pemahaman tentang pengertian strategi pemasaran harus didahulukan disamping mengetahui komponen pentingnnya. Komponenn marketing strategi sendiri antara lain external marketing massage, menetapkan tujuan sasaran, sasaran jangka pendek dan tujuannya dan sasaran jangka panjang dan tujuannya.
- Sedangkan untuk marketing plan komponennya adalah sebagai berikut :
Baca Juga : Macam - Macam Strategi Pemasaran
Melakukan analisis seperti ini nanti bisa memperuncing strategi pemasarannya dan tahu langkah apa yang dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak. Selain itu, ada baiknnya juga melakukan analisa kompotitor. Kegiatannya selanjutnnya bisa mengukurnnya dari diposisi mana bisnis yang telah dilaksanakan, menentukan kompotitornnya. Apa saja kelebihan perusahaan disbanding kompotitor dan apa saja kekurangan dari perusahaan. kegiatan ini sangat baik supaya kita bisa memahami celah kompotitor dan menentukan strategi yang baik. Ingat, berhadapan dengan kompotitor besar akan sangat sulit, tapi ketika kita menyediakan apa yang tidak mereka punya tapi dicari konsumen tentu hasilnnya akan lainnya.
Jadi itulah pembahasan dikali pagi yeng begitu cerah ini tentang mengenai perbedaan strategi pemasaran dan marketing plan jadi kalian sudah mengunjungi dan membca artikel ini apakah masih bingung membedakannya tentu ketika kalian sudah membaca artikel ini yang saya tulis dengan begitu renyah, simple, ringkes dan begitu sangat mudah dipahami mungkin sehingga saya atau kalian lebih gampang dan mudah memahaminnya dan dalam membedakannya.
Mungkin sekian dulu pembahasan saya pada kesempatan yang begitu bahagia dan hari yang begitu cerah ini dan saya sangat mengucapkan terima kasih kepada kalian yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan terima kasih juga yang sudah membacannya dan semoga apa yang saya tulis dan saya update ini dapat bermanfaat untuk siapa saja yang membutuhkan, dan sekian dulu dilanjut dilain waktu dan saya mohon pamit pembahasan ahri ini.
Sumber : gedungarsitek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar