√ CARA PENERAPAN STRATEGI PEMASARANgedung arsitektur: CARA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN

Rabu, 30 Oktober 2019

CARA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN

CARA PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN


Cara Penerapan Strategi Pemasaran mungkin dikesempatan ini saya akan membahas mengenai masih yang bersangkutan dengan strategi pemasaran dan disini saya akan coba menuliskan dan menjelaskan sebagaimana para master - master  pembisnis telah menyebutkan dan menerangkan suatu cara penerapan strategi pemasaran nah saya disisni akan coba membahasnnya sebagaimana para ahli pembisnis menyebutkan dan menerangkan dan memperaktekan kepada saya sampai saya berhasil dan tentunnya percaya dengan  sebagaimana para ahli menyebutkan dan apa yang saya praktekan.

Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibut oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinnya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualnnya. Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnnya tidak hannya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinnya, contohnnya seperti strategi pemasaran 4P.

Namun, masalahnnya beberapa usaha seperti usaha kecil menengah masih bingung dalam menerapkan atau mengaplikasikan knsep dari strategi marketing. Padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju. Karnannya, artikel kali ini akan membahas mengenai pengaplikasian salah satu konsep strategi marketing pada sebuah usah.

Baca Juga : Perencanaan Strategi Pemasaran 

Strategi pemasaran memiliki berbagai macam jenis, salah satunnya yakni strategi pemasaran 4P. strategi pemasaran 4P merupakan pengumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place /(tempat), dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan dipasar. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya secara langsung pada suatu usaha. 


Berikut cara penerapan strategi pemasaran adalah :

1. Produk, sebagai pelaku usaha harus bisa membuat produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat. Dapat memulainnya dengan cara mengembangkan produk atau jasa yang dimiliki menjadi lebih baik mintalah kritik dan saran dari konsumen, kemudian tamping semua saran dan kritik tersebut sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan. Sealin itu, dapat membuat produk atau jasa apapun yang kualitasnnya baik. Kualitas produk atau jasa yang baik tentu saja akan memberikan kepuasan yang tinggi dari konsumen, sebalinnya, kualitas produk atau jasa yang buruk juga akan membuat konsumen kecewa dan mereka tidak mau untuk membeli atau menggunakan produk.



2. Harga, (price), merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan produknnya yang dimliki dengan kompotitor. Sehingga, penting untuk menentukan harga yang baik, kara harga akan berpengaruh terhadap penjualan. Jangan sampai salah menentukan harga yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dijualkan. Lalu bagaimana menentukan harga yang baik, untuk menentukan harga dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung harga dasar produk, harga pajak yang berlaku dan keuntungan yang diinginkan. Intinnya, harga yang ditawarkan atau tetapkan sebaiknnya adalah harga yang masuk akal.



3. Tempat (place), merupakan salah satu unsur P dari strategi pemasaran 4P. tempat atau lokasi merupkan salah satu factor penentu bisnis. Karnannya pilihan lokasi yang tepat atau yang pas. Maksudnnya pilihlah lokasi yang strategis dan benar. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat jualan.

Baca Juga : Contoh Strategi Pemasaran 

Namun strategi saja tidak cukup, perlu ada kata tempat yang pas atau tepat. Mengapa demikian karna tempat yang strategi jika tidak tepat atau pas juga tidak memiliki efek apapun. Seperti contoh berikut jika akan menjual jilbab atau peralatan muslim maka jualanlah didaerah masyarakat yang beragama islam, dekat masjid-masjid besar atau apapun tetapi jangan menjualnnya didaerah kawasan non-muslim. Jika menjual dikawasan non-muslim tentu penjualan tidak akan sebanyak saat menjual didaerah dekat masjid-masjid. Untuk itulah memilih tempat juga perlu perhatikan dengan baik.



4. Promosi, merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat/konsumen. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan penjualan akan meningkat. Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan, dapat memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, memasang iklan, kerja sama sponsorship, mengikuti bazar dan banyak lagi.

5. Jalur distribusi produk, perlu dipertimbangkan proses bagaimana suatu produk bisa didakonsumen dengan mudah, karna itu perlu system distribusi barang yang efektif dan efesien.

Program pemasaran yang efektif harus dapat memadukan semua elemen bauran pemasaran kedalam suatu program pemasaran terintegraasi yang dirancang untuk dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan dengan mengantarkan nilai bagi konsumen. Sebelum membangun dan menerapkan 4P diatas, pengusaha sebaiknnya memikirkan terlebih dahulu “empat C” seperti yang diungkapkan oleh ir. Fi. Titik Wijayanti, MM, dalam bukunnya marketing plan sebagai berikut:

a. Solusi pelanggan (Customer Solution), produk dapat membantu dan mampu memecahkan masalah konsumen;

b. Biaya Pelanggan (Customer Cost), harga yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya;

c. Kenyamanan (‘Convenience), produk tersebut mampu menyenangkan konsumen karna mudah diperoleh dimana-mana;

d.Komunikasi (Communication), produsen melakukan komunikasi produk kepada konsumen secara benar dan tepat sasaran.

Baca Juga : Karakteristik Strategi Pemasaran 



Jadi itulah dari pembahasan saya dikesempatan ini mengenai  cara penerapan strategi pemasaran dan itulah rincian sebagaian yang harus kalian terapkan dan kalian rencanakan supaya kalian berhasil dalam membangun suatu bisnis namung juga saya masih belajar dalam menjalankan suatu bisnis namung jangan lupa tetaplah optimis dalam menjalankan suatu bisnis supaya apa yang kalian inginkan dan kalian targetkan itu dapat tercapai berusaha dan berdoalah semoga apa yang kalian harapkan bisa tercapai.

Nah itulah yang dibahas kali ini tentang  cara penerapan strategi pemasaran ada beberapa number dan semoga apa yang saya tulis dan saya update ini dan yang saya bahas ini dapat membantu untuk kalian yang membutuhkan dan yang lagi mengerjakan tugas atau juga yang ingin nambah wawasan semoga dapat membantu dan bermanfaat dan saya sangat mengucapkan terima kasih kepada yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan bilamana ada suatu pertannyaan boleh bertannya dan sekian dan saya mohon pamit.

Sumber : gedungarsitek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...