√ Seni Keramikgedung arsitektur: Seni Keramik

Rabu, 01 Juli 2020

Seni Keramik

gedungarsitek.blogspot.com - Apa itu seni keramik ? Apakah kita harus tahu ? Apakah saya harus mengingatnnya ? Apa jadinnya kalau Anda tahu seni keramik. Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah seni keramik, baik itu dari awal populer, pengertian, dizaman apa, dan saya akan kupas sampai bahan membuat keramik.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/seni-keramik.html

Sebagaimana menurut para ahli dan para pakarnnya mengatakan bahwa seni keramik adalah suatu cabang seni rupayang mengolah bahan material keramik yang diubah menjadi sebuah karya seni dari awal yang bersifat tradisional sampai kontemporer.

Dan sebagaimana dikatakan oleh wikipedia seni keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Dan selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan sebuah prinsip fungsionalitas dan produksinnya.

Nah adapula sebuah keramik ditemukan dan yang pernah ditemukan oleh para peneliti dikatakan keramik ini yang paling tertua. Yaitu Venus of Dolni Vestonice adalah sebuah karya keramik tertua yang pernah ditemukan oleh para ilmuan dan para ahli ataupun peneliti.

Baca Juga : Sifat Keramik


Ceramics di Nove and Bassano


https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/07/seni-keramik.html

Keramik dilihat dari awal sangat begitu populer dengan suatu fungsinya sebagai benda dekoratif yang indah. Namun hal ini bisa diketahui terutama dari peninggalan Republik Venisia pada tahun 400 san. Dan  dicatat pula bahwa sebuah produksi massal dimulai pada abad tahun 17 di Nove and Bassano del Grappa. Sedangkan ashura adalah perusahan terpenting di daerah tersebut.

Seni keramik ini termasuk kedalam salah satu jenis seni kriya, dan istilah nama kriya berasal dari bahasa Sansekerta dari sebuah kata Krya yang berarti mengerjakan. Namun jika disimpulkan arti dari kriya yaitu mengerjakan suatu hal untuk menghasilkan sebuah barang benda atupun objek. Namun semakin tahun dan berkembangnnya zaman disebutlah seni kriya.

Namun bila diartikan dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kata dari kriya diartikan sebagai suatu pekerjaan atau (kerajinan tangan). Dan dalam bahasa Inggris disebutkan Craft yang bermakna dan berarti energi atau kekuatan, dan maksudnya adalah suatu keterampilan dalam suatu mengerjakan atau membuat sesuatu sesuatu seperti halnnya barang.

Baca Juga : Klasifikasi Keramik

Dan di Zaman Neolitikum yang namannya Tembikar sudah menjadi sebuah hiasan sebagai suatu lambang ataupun simbol dari kehidupan spritual. Namun dengan seiringnnya waktu seni kriya berkembang sangat baik dalam aspek maupun fungsi, sedangkan dalam peningkatan kualitas, bahan, corak dan bentuk hiasannya hingga dizaman sekarang/modern ini.

# Bahan Membuat Keramik

Apakah Anda tahu dan coba cari tahu tentang bagaimana cara membauat keramik dan apa saja bahannya membaut keramik dan ada berapa macam. Nah coba ingat dalam membuat keramik terdapat beberapa bahan dan material tertentu loh yang biasa digunakan oleh para pembuat keramik dan biasa menggunakan 3 macam material bahan (triaxial) sebagai berikut :

1.Tanah Liat (Clay)

Dan kamu harus tahu bahwa didalam tanah liat ada beberapa kandungan diantarannya illite, montmorillinote, halloysite dan kaolinite. Yang pastinnya dengan adannya perbedaan diantara kandungan-kandungan tanah dan pastinnya akan menghasilkan sifat yang berbeda pula.

2.Pasir

Apa kamu tahu bahwa keramik juga ada yang mengunakan pasir loh, namun pasir ini berfungsi sebagai bahan pengisi. Apa jadinnya jika penambahan pasir terlalu banayak silikat pada pasir, yang pastinnya akan menyebabkan keretakan pada saat pembakaran berlangsung.

Baca Juga : Keramik

3. Feldspar

Apa kamu tahu bahwa feldspar ini digunakan sebagai bahan pengikat dalam pembuatan keramik dan yang pastinnya menurukan  temperatur pembakaran. Namun kamu harus tahu bahwa ada beberapa jenis bahan/material feldspar yang diantarannya yaitu Na-feldspar,  Ca-feldspar, dan K-feldspar.

Apakah kamu sudah membayangkan dan sudah terbayang apa yang saya bahas tadi, mengenai seni keramik, awal populer, pengertian dan bahan membuat keramik. Namun sebelum mengakhiri pembahasan kali ini saya mengucapkan terima kasih banyak kepada kalian semua yang telah berkunjung dan yang telah membaca artikel ini.

Semoga apa yang saya tuliskan dan posting ini dapat bermanfaat untuk dirri pribadi dan untuk siapa saja yang membutuhkan tentang apa yang saya bahas ini. Dan semoga apa yang saya publish ini dapat membantu kalian dan dapat menginpirasi kalian semua terutama yang membutuhkan.

Sumber : gedungarsitek

https://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...