√ Sifat Keramikgedung arsitektur: Sifat Keramik

Selasa, 30 Juni 2020

Sifat Keramik

gedungarsitek.blogspot.com - Apakah Anda tahu sifat keramik? Apakah kamu ingat ? Anda harus tahu sifat keramik karna dari anda tahu sifat keramik. Jadinnya anda tidak salah pilih lagi mengenai keramik baik itu keramik logam dan non logam dan bagaimana bila Anda mengetahui bahwa keramik lebih kuat tekan dari pada tarik, lebih bagus anda tahu sifatnnya keramik.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/06/sifat-keramik.html

Keramik adalah material atau bahanl yang mengalami sebuah proses pembakaran dalam suhu sangat tinggi sehingga terjadi suatu pengerasan. Namun bila dilihat secara umum keramik tersusun dari paduan antara unsur-unsur logam dan non logam sehingga di dalam keramik akan terdiri dari sebuah ikatan ionik dan kovalen akibat dari kandungan paduan di dalamnya.

Jadi sifat dari keramik itu sangat ditentukan oleh struktur kristal, mineral bawaannya dan komposisi kimia, Dan juga keramik mempunyai sifat kaku, kuat dan rapuh. Namun secara umum keramik ini mempunyai kekuatan tekan yang lebih baik dan kuat dibanding kekuatan tariknnya yang kurang kuat, karna keramik ini seperti halnnya beton.

Baca Juga : Keramik


Sifat Keramik Terdiri Dari :

https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/06/sifat-keramik.html

1. Sifat Mekanik

1. Kuat
2. Keras
3. Tahan korosi
4. Kerapatan yang rendah  
5. Titik lelehnya yang tinggi  
6. Rapuh

2. Sifat Termal

Nah sifat termal umumnnya dari bahan atau material keramik dan terdiri dari kapasitas panas, konduktivitas termal,  dan koefisien ekspansi termal. Kapasitas panas bahan adalah kemampuan dari bahan untuk mengabsorbsi panas dari lingkungan, sedangkan energi panas yang diserap akan disimpan oleh benda padat dalam bentuk vibrasi atau getaran, ion/atom penyusun benda padat.

3. Sifat Elektrik

Sifat elektrik atau sifat listrik dari keramik sangat bervariasi dan itu bergantung dari bahan dasar yang terkandung dalam keramik  itu. Keramik itu sebuah isolator dari keramik seperti halnnya (BaTiO₃) dan dapat dipolarisasi serta digunakan sebagai bahan untuk kapasitor. Keramik dengan bahan dasar akan menghantarkan elektron bila energi ambangnnya sudah tercapai dan sering disebut dengan semikonduktor.

Keramik jenis baru yang namannya superkonduktor dengan temperatur kritis yang sangat cukup tinggi ditemukan pada thn 1986, dan jika suhu dibawah titik kritisnnya akan memiliki hambatan = 0. Setelah itu keramik disebut sebagai piezoelektrik dan yang pastinnya akan menghasilkan respons listrik akibat adannya sebuah tekanan yang bersifat mekanik ataupun sebaliknnya.

Baca Juga : Klasifikasi Keramik

4. Sifat Optik

Sifat optik keramik yaitu sebuah sifat dikarnakan bisa mengabsorbsi, mentransmisikan,dan memantulkan cahaya. Seperti mana halnnya keramik putih dalam dunia arsitektur bisa menghalau sinar matahari atau panas, karna bisa memantulkan dan menyerap panas, dan banyak orang menggunakannya didepan rumah, teras, dinding luar, dan bangunan yang lainnya.

5. Sifat Kimia

Secara kimia keramik memiliki sifat yang stabil, sehingga dapat dimanfaatkan dalam banyak hal yang bersifat positif. Pastinnya ketika Anda inginmewujudkan impian rumah pasti membutuhkan bahan material yang namannya keramik.

6. Sifat Fisik

Keramik dilihat dari garis besar mempunyai ikatan dari karbon, oksigen, nitrogen, logam ringan, dan semi logam, yang pastinnya terkandung didalamnnya. Keramik yang ringan memungkinkan dapat sekeras logam yang cukup berat, dan tahan terhadap benturan serta gesekan.

Nah senyawa keramik yang sangat keras seperti halnnya berlian serta diikuti boron nitrida pada urutan ke2 dalam bentuk kristal kubusnnya. Senyawa alumunium, oksida dan silikon karbida merupakan sebuah conto keramik yang bisa dan biasa digunakan untuk memotong, menggiling menghaluskan, dan material-material lain.

Baca Juga : Seni Keramik

Sifat yang umum dan mudah dilihat dari keramik rapuh, dan dapat dilihat dari kramik tradisional seperti kendi, gelas, barang peah belah, gerabah dan yang lainnya. Ketika dijatuhkan piring yang terbuat dari keramik dan logam, pastinnya dari keramik mudah pecah,sedangkan logam kuat tidak pecah, sifat ini tidak berlaku pada jenis keramik tertentu, terutama keramik hasil sinetring, dan campuran sinetring antara keramik dengan logam.

Apakah Anda tahu dari sifat keramik yang tahan sampai suhu tinggi,baik itu keramik tradisional dan yang terdiri dari tanah liat, flint, dan feldspar, tahan sampai dengan suhu 1200 C. Dan keramik hasil rekayasa seperti halnnya keramik oksida mampu tahan sampai dengan suhu 2000 C. Karna kekuatan tekan tinggi merupakansebuah sifat yang membuat para ahli dan penelitian tentang keramik terus berkembang.

Apakah Anda ingat pembahasan tadi yang pembahasannya simple, ringkes dan mudah untuk dipahami, karna anda harus tahu supaya bisa membayangkan. Dan terima kasih kepada kaliansemua yang sudah berkunjung dan yang sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian semua.

Sumber : gedungarsitek

https://id.wikipedia.org
https://brinly.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...