√ Taman Simpel Rumah Urbangedung arsitektur: Taman Simpel Rumah Urban

Rabu, 20 Mei 2020

Taman Simpel Rumah Urban

gedungarsitek.blogspot.com - Kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai taman urbban dan yang sering jadi perbincangan. Apa itu urban? Dan untuk apa kegunaannya? Bagaimana memilikinnya? dan banyak lagi pertannyaan-pertannyaan yang mungkin memang harus dijawab. Memang urban ini tanah yang mungkin bisa dikatakan lahan yang terbatas.
Taman Urban Farming Organik Berkebun Sayur Gambar oleh MikeMcLaren dari Pixabay (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Uraban farming park yaitu sebuah suatu konsep taman yang berda diperkotaan atau ditengah kota yang memiliki suatu permasalahan dikarnakan minimnnya sebuah lahan untuk melakukan pertanian. Dan diciptakanlah sebuah area khusus untuk Anda melakukan budi daya pertanian seperti menanam sayur dan buah-buahan terutama sebagai penyuplai kebutuhan pangan dimasyarakat sekitar.

Karna rumah lahan di wilayah urban/perkotaan sangat memperihatinkan dikarnakan mempunyai luas tanah yang sangat terbatas bilamana dibandingkan dengan pedesaan dan perkampungan. Memang masyarakat diwilayah urban memandang sebuah rumah atas pendekatan yang begitu sangat mempertimbangkan dari segi ruang dan fungsional rumahnnya.

Ditengah atau diperkotaan rasional dalam menentukan kebutuhan ruang itu masing-masing, karna diperkotaan harga tanah yang sangat mahal dan harga perumahan/peroperti dijual/ditawarkan cukup tinggi dan kadang tidak sebanding dengan luas bangunan dan luas tanah. Karna mempunyai tanah sisa dan luas itu sebuah impian dan memiliki rumah sisa tanah sedikit/urban itu sebuah prestasi.

Anda jangan berpikir dan kepikiran bahwa lahan yang kecil tidak bisa dijadikan bercocok tanam, karna bukan lahan yang luas saja yang bisa dijadikan bercocok tanam, lahan kecilpun jadi. Anda ingin berkebun, bercocok tanam, membuat taman, terutama diambil manfaatnnya dan suasana pandangan, kesejukan serta untuk rileksasi serta terapi stres. Dan Anda bisa membuatnnya dengan vertikal, khorizontal, dan minimalis serba bisa dan serba fungsi.

Baca Juga : Syarat Masuk Jurusan Teknik Arsitektur

Saya akan coba membahas dan membuat taman, bercocok tanaman dari lahan dan wilayah yang sangat kecil namun banyak manfaatnnya. Ketika Anda mempunyai lahan urban itu manfaatkanlah dengan seindah sebagus mungkin, mulai dari rencana tanaman yang vertikal, minimalis, gantung, dan khorizontal. Dan Anda harus jeli terutama memanfaatkan sebuah ruang, bidang, dengan cerdas.

# Cara yang harus Anda ambil dan menciptakan taman, pertanian dilahan/wilayah urban diantarannya;
Stroberi Budidaya Ekologi Makanan Sayur Daun Gambar oleh TotumRevolutum dari Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
1. Carilah dan temukanlah sebuah bidang yang menurut Anda bidang/lahan itu kosong atau yang kosong, Dan yang oleh Anda akan dijadikan taman semisal balkon, teras, atap bangunan kalau atapnnya terbuat dari dak/cor dan dinding kosong.

2. Karna sempitnnya antar bangunan, ruang atau jarak bangunan dan ruang itu akan menyebabkan terik sinar matahari tidak akan langsung jatuh terutama dibidang dinding dan ruang. Dan Anda harus mencari sebuah tanaman yang bisa hidup diarea tersebut terutama yang ternaung oleh terik sinar matahari. Karna banyak tanaman yang bisa hidup dan tahan walau tidak terkena matahari.

3. Pilihlah tanaman yang gampang untuk dirawat dan dibersihkan serta mudah dalam perawatannya, dan ini sangat cocok serta sudah banyak orang-orang yang memakai dan menjadi pertimbangan yang paling utama. Dan Anda pilihlah tumbuhan, tanaman yang mudah tumbuh serta tidak menimbulkan kesan semak.

4. Anda rencanakanlah, konsep, gaya taman yang menimbulkan dan menumbuhkan irit biaya, dan pilihlah sebuah tanaman, media tanaman, wadah tumbuhnnya tanaman atau pot. Dan hidarilah pemilihan tanaman yang membuat lahan Anda menambah dan menjadi sempit terutama ruang yang ada.

5. Karna alangkah sangat dan lebih baik bilamana Anda memilih dan mewujudkan tanaman, taman yang mempunyai efek fungsi ekonomis. Dan disamping terciptannya tanaman hijau yang sangat sejuk serta Anda juga bisa memanfaatkan terutama untuk sayuran dan pengobatan herbal.

6. Dan memanfaatkan limbah untuk menjadikan dan dijadikan wadah tanaman itu lebih bagus, baik dan Anda juga ikut dalam menanggulangi sampah. Semisal Anda memanfaatkan botol bekas, kaleng bekas, dan ember bekas, dan yang lainnya yang munkin Anda bisa manfaatkan dan pakai terutama menjadi wadah dan tumbuh tanaman itu.

Baca Juga : Bangunan Tradisional

7. Tanamann ditaman yang kering ini sudah menjadi taman alternatif dan praktis serta merupakan sebuah pertimbangan untuk dan memilih tanaman diruang dan dibidang yang sempit.

8. Memang solusi yang paling sederhana dan tepat dengan memilih dan menanam rumput, bilamana tersedia ruang dan ada yang kosong. Tentu sangat bagus dan baik bilamana Anda memilih rumput yang bisa hidup diruangan ang ternaung oleh terik sinar matahari.

# Beberapa tanaman taman yang sangat cocok diaplikasikan untuk taman rumah urban;

1. Taman pot bunga

Carilah dan tempatkanlah tanaman yang ditanam dalam wadah pot, karna ini sudah menjadi pertimbangan dan harus dipikirkan. Dalam hal tanaman yang tidak mudah rimbun, lebat serta mampu hidup dalam wadah pot baik itu hidup didalam ruangan dan diluar ruangan terutama mampu hidup dalam waktu kurun yang cukup lama.

Carannya Anda harus meyusun dan menata dan ditata baik itu dibidang lantai ataupun di pot-pot yang tersedia. Sera Anda harus meletakan dan menyusun didalam rak yang sudah Anda buat khusus terutama untuk pot tersebut. 

Karna tanaman pot juga bisa Anda tempelkan didinding yang kosong taupun diletakan didalam ruangan dan ini sebagai pemanis interior ruang, dan Anda juga bisa meletakannnya disudut atau disalah satu sudut ruangan yang bisa dan menjadi aksen hijau alami ruangan.

2. Taman gantung

Kalau yang satu ini tanamannya dibuat dengan vertikal dengan menggantungkan tanaman baik itu pada tritisan, plafon, langit-langit, bangunan rumah Anda, atau digantung diantara batang-batang kayu/besi teras, kanopi, kanopi carport,  kanopi jemuran, dan atap. 

Dengan carannya Anda harus memilih dan pilihlah tanaman taman yang mempunyai karakter yang menggantung atau menjuntai kebawah terutama tanaman ini bukan tanaman yang merambat atau jenis rambat. Dan setelah itu tanamlah tanaman taman itu didalam wadah pot walaupun wadahnnya dalam bentuk horizontal.

Baca Juga : Cara Mengecat Ulang dinding

3. Taman rambat

Nah kalau yang ini Anda harus membuat media untuk merambat tanaman dengan cara Anda merambatkan tanaman ke media rambat baik itu kawat rambat, dinding-dinding, terutama yang bisa dirambati oleh tanaman taman rambat tersebut.

Dengan cara bilamana tanaman ada ditanah ataupun dibidang tanah ataupun tanaman dalam pot. Dan setelah itu rambatkanlah beberapa tangkai ataupun ranting tanaman tersebut kemedia rambatan tanaman, dan akhirnnya tanaman tersebut akan merambat dan mengikuti media rambatan itu dengan sendirinnya.

4. Taman hidroponik

Kalau taman tanaman hidroponik yaitu sebuah tanaman taman dengan sebuah tanaman yang menggunakan suatu media tumbuh dengan sistem hidroponik atau orang mengatakan dengan media air maupun gel.

Dengan cara Anda membuat dan buatlah tabung-tabung silinder terutama yang bisa dan mampu menampung air dan yang pastinnya  tidak bocor atau Anda bisa dan dapat dengan menggunakan sebuah botol yang tidak terpakai, dan pilihlah tanaman taman yang cocok dengan sistem hidroponik.

Dan sekarang sudah banyak dan lagi banyak tanaman sayuran, tanaman taman, yang dapat dikembangkan, dijadikan dan dipajang dirumah Anda sekaligus menjadi sebuah taman yang hijau serta mempunyai nilai yang sangat ekonomis.

5. Taman atap atau (roof garden)

Dan taman yang satu ini menggunakan tempat media tanamannnya diatas atap atau dak, lantai cor beton, dan tanaman ini disiapkan untuk dijadikan penghjauan, atau disusun dengan menambahkan sebuah elemen seperti meja kursi tanaman. Dan tanaman atap ini menjadikan dan menerapkan kesan yang indah, bagus serta sejuk dan kadang atap ini yaitu atap hijau ini dijadikan salah satu solusi.

Taman roof garden ini bisa Anda pakai atau dijadikan dan diterapkan baik itu dalam ruang, bidang yang sempit semisal teras balkon. Memang tujuannya supaya indah, bagus, serta suasana tidak tampak gersang dan Taman roof garden mampu meredam hawa panas dan udara panas yang bertiup angin lembut yang masuk kedalam rumah kita.

Dan sekian dari saya semoga menginpirasi dan membantu Anda baik itu dalam hal apapun yang bisa membuat membantu Anda. dan sekarang pilihlah dan terapkanlah, aplikasikanlah baik itu dirumah anda, kantor Anda dan yang lainnya. Karna keterbatasan tanah, ruang itu tidak akan menjadi kendala untuk menjadikan rumah Anda menjadi hijau alami.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...