√ Syarat Masuk Jurusan Teknik Arsitekturgedung arsitektur: Syarat Masuk Jurusan Teknik Arsitektur

Kamis, 21 Mei 2020

Syarat Masuk Jurusan Teknik Arsitektur

gedungarsitek.blogspot.com - Memang persaratan dan syarat menjadi pemikiran dan timbangan yang paling utama seperti halnnya mau masuk ke jurusan arsitektur kata orang harus bisa menghitung, bisa/bakat menggambar, harus kreatif/kreatifitas, harus memahami tau estetika dan seni, minat bakat Anda, bisa dan memahami teknologi, tetapi tidak semua yang masuk kejurusan ini seperti ini, yang pasti menjalaninnya dengan semangat dan tidak pantang menyerah.
Arsitektur Bangunan Desain Gambar Baris Gambar oleh JL G dari Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Dan memang sekarang banyak yang ingin masuk ke jurusan ini yaitu jurusan teknik arsitekture, teknik konstruksi, teknik sipil, teknik furniture dan teknik perawatan gedung dan yang lainnya. Namun orang - orang sangat simple dengan jawabannya, karna presiden negara kita juga banyak yang lulusan dari anak teknik.

Sangat serasinnya bila anak teknik arsitektur dan cipil/sipil berjodoh dan menikah, karna rumah orang lain aja direncanakan dan dihitung apalagi untuk rumah tanggannya. Dan yang uniknya ketika bertemu dan sambil makan-makan di lestoran maka anak teknik arsitektur akan melihat dari segi keindahannya/estetikannya sedangkan anak teknik sipil/cipil akan melihat dari segi kekuatannya.

Sudah banyak dijurusan ini yang tidak kuat dikarnakan beberapa kendala dan faktor, namun ketika Anda masuk kejurusan ini saya sarankan untuk bisa bertahan dan kuat baik itu dari segi uang, mental, otak, dan yan lainnya itu harus dipersiapkan. Karna jurusan ini dengan pengalaman saya cukup menegangkan, dan pasti saya yakin saya juga kuat apalagi kamu, pasti kamu juga kuat.

Baca Juga : Meja Belajar

1. yang pertama ini tidak sedikit orang0orang keluar dari jurusan ini baik itu gara-gara dari segi ekonomi, keuangan, otak, mental, dan yang dipelajarinnya itu - itu saja sampai-sampai mereka mengalami kekecewaan yang berat sampai down.

2. yang kedua ini meamang sebenarnnya diseluruh negri ini banyak yang lulus dan sampai wisuda terutama dijurusan arsitektur dan sipil ini, namun yang jadi pertanyaan banyak orang berapa banyak yang kuat dan menekuni profesi di sipil dan arsitek? dan berapa banyak yang lulus dan sampai wisuda dijurusan ini?.

3. yang ketiga ini Anda harus diperhatkan bahwa tidak sedikit dan sudah banyak karya-karyannya sangat minim bila dilihat dari segi nilainnya, dan tentunnya sangat tidak memuaskan baik itu dari segi kualitas, profesi, juru gambar atau sang arsitek.
  
# Jurusan Teknik Arsitektur

Buku Sketsa Sketsa Penanda Merasa Ujung Pena Gambar oleh Thanks for your Like • donations welcome dari Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Sebagaimana yang dikatakan -Scott Adams- bahwa anak teknik itu sukannya memacahkan masalah, kalau mereka tidak ada masalah yang tersedia , maka mereka akan menciptakannnya sendiri. Karna sebelum masuk ke jurusan ini Ada harus tau dan harus bisa membedakan dan jangan sampai salah pilih baik itu jurusan arsitektur atau jurusan teknik sipil/cipil.

Karna teknik arsitekture akan mempelajari dan pastinnya mempelajari tentang desain, rancangan konstruksi bangunan, dan arsitektur itu melihat dari segi keindahan/estetika dari sebuah fungsional suatu bangunan. Sedangkan teknik sipil/cipil akan mempelajari tentang bagaimana membangun, merancang, merenovasi gedung dan berbagai yang lainnya seperti  ifrastruktur bangunan. 

Apa Anda sudah bisa membedakannya dari teknik arsitektur dan sipil, teknik sipil itu mempelajari struktur, segi kekuatan suatu bangunan, material, pendukung bangunan, yang akanmenjadi satu kesatuan dari kekuatan struktur bangunan. sedangkan teknik arsitektur mempelajari dari segi estetika atau orang sering mengatakan dari segi keindahan, fungsional terhadap ruangan.

# Syarat Menjadi Mahasiswa Arsitektur.


Rencana Bangunan Denah Arsitektur Arsitek Desain Gambar oleh Anja🤗#helpinghands #solidarity#stays healthy🙏 dari Pixabay (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Inilah yang harus Anda miliki dan yang tidak memiliki syarat ini juga ga papa asalkan kamu kuat menghadapinnya dan belajar dengan sungguh-sungguh. Dan kalau sudah terpenuhi Anda mengerjakannya dengan serius, enjoy, dan pastinnya tidak akan dibikin ribet. Supaya Anda bisa dan mampu  berkompetisi dalam sebuah karya desain arsitektur, dan selalu eksis dalam menjadi seorang juru profesi arsitek. Dan kalau belum memenuhi syarat, saya yakin kamu juga bisa untuk eksis didunia arsitektur.

1. Bakat Mengambar

 Karna mempunyai bakat menggambar Anda akan sangat mudah untuk mengerti dan memahami apa yang akan digambar, dan tidak akan bosan terhadap apa yang digambar. Karna jurusan arsitektur hampir 80% menggambar sampai - sampai jarang tidur dan terus begadang demi menyelsaikan gambar. Bik itu gambar manual dari kertas atau gambar perangkat lunak di komputer.

Baca Juga : Usia Cat Dinding, Besi, Kayu, Dan Melamin

Anda akan membuat sketsa untuk melatih menggambar, dari mulai melatih berbicara sampi tulisan dan ini akan sangat mudah dimengerti dan dipahami dalam bentuk gambar. Karna 1 goresan arsitektur itu banyak dan beribu-ribu kaliamat, kata bilamana Anda menuliskannya. Kalau kamu punya bakat menggambar, pasti kamu akan dapat menyelsaikan tugas kamu.

2. Kreatif/Kreatifitas

Karna berjiwa berbakat kreatif itu harus, nanti Anda akan berani tampil berbeda dengan orang lain, dan pastinnya tampil berbeda itu punya ciri khas yang tidak dimiliki oleh seseorang. Dan orang yang kreatif ini akan menonjolkan sebuah keindahan dan kreatif dalam berkarya. Sang arsitek harus selalu eksis dan mengupdate ide dan karyannya sepaya selalu bertumbuh dan diakui oleh orang banyak.

Dan didunia arsitektur orang yang kreatif itu dibutuhkan dan diperlukan, karna seorang yang tampil beda dengan orang lain pasti kreatif. Ketika kamu jadi seorang perencana atau arsitektur kamu harus eksis dan update terus supaya karya kamu tidak monoton tidak itu-itu saja. Dan pastinnya kamu akan mempunyai dan banyak sampai beribu-ribu karya dan ciri khas yang berbeda dengan orang lain.

3. Estetika Dan Seni

Seni dan estetika itu sebuah kenyamanan, dan keindahan yang melekat pada diri seseorang selalu tampil dan mengikuti dalam kesehariannya dan ini sebuah alamiah yang melekat. Sebuah gambar tidak akan lepas dari unsur seni dan estetika, Karna estetika tidak dilihat dari sesuatu yang berbunga-bunga saja, melainkan global atau menyeluruh mulai dari lingkungan, bangunan, dan norma, estetika terhadap manusia.

Dan Anda jangan memahami sebuah seni dengan pemahaman yang rumit, sulit, tetapi harus dipahami sesuatu yang sangat bernilai dan berharga, apalagi seni mempunyai nilai dan makna. Karna sebuah arsitektur dilihat dari pemahaman seperti sebuah garis, bidang, 
bentuk, komposisi, warna, dan harmonisasi keseimbangan antara satu dengan yang lainnya. Karna kreatifitas dan seni , estetika itu bukanlah sebuah bakat ataupun hobby melainkan sesuatu yang melekat pada jiwa diri  seseorang.

4. Minat Bakat

Nah Anda bilamana masuk ke jurusan ini jangan karna suruhan orang tua, pacar, kerabat, ataupun terpaksa, karna ini akan mengakibatkan perjalanan belajarnnya. Semisal ada tugas tidak selsai, merasa terbebani, dengan mengerjakannnya setengah hati, dan tidak bersungguh-sungguh. Namun teman saya juga banyak si yang tadinnya terpaksa tetapi pada akhirnnya malah bersyukur telah masuk kejurusan ini tidak ke jurusan yang kita inginkan.

Bilamana kemauan sendiri dan keinginan sendiri maka akan selalu senang, selalu semangat, bersungguh-sungguh apa yang diberikan oleh guru mereka akan kerjakan dan diserap dengan sebaik mungkin. Dan pastinnya karyannya juga akan meningkat, selalu update. Namun kalau terpaksa takutnnya malah sebaliknnya, karyannyapun banyak meniru dan itu-itu saja, namun bila menjalaninnya dengan iklas pasti Anda juga seperti orang yang selalu eksis dan update.

Baca Juga : Tips Tinggi Pagar Bangunan Rumah

Khusus kepada anda semua bahwa seseorang itu dilahirkan kedunia itu sebuah anugrah, yang perlu dijaga dan disyukuri. Apa yang diciptakan kedunia ini pasti semuannya manfaat tidak ada yang tidak manfaat, karna hidup seseorang itu ada kekurangannya dan ada lebihnnya. Jadi hauslah dengan ilmu, karna kita aja menghitung dari angka satu sampai sepuluh bukan dari sepuluh ke satu.

5. Bisa Dan Memahami Teknologi 

Karna Anda seorang arsitek, maka Anda jangan diam saja selalu update, eksis, dalam hidup dan zaman ini. Walaupun dulu menggambar menggunakan kertas, pensi, namun dizaman sekarang ini saking pesatnnya iptek perkembangan jaman menggambar sudah menggunakan komputer atau leptop, dan ini memudahkan untuk Anda terutama dalam memahami coretan-coretan arsitektur.

Anda harus selalu update karna hidup dizaman ini selalu serba canggih, dan pelajari apa yang baru, seperti aplikasi sofwere dan yang lainnya. Anda harus belajar  mempelajarinnya dengan cepat supaya Anda tidak ketinggalan info-info yang terbaru, tren, menarik. Dan semua yang terbaru ini akan memudahkan Anda dalam mendesain, berkarya, presentasi, untuk diterapkan dilapangan, proyek.

Yang jadi pertannyan banyak orang? Apakah syarat masuk jurusan arsitektur harus jenius, cerdas, jago, pinter, dalam masalah itungan, menghitung seperti halnnya kimia, fisika, matematika?. Maka jawabannya itu tidak harus dan tidak jadi syarat, dan pasti waktu sekolah, kuliah materi ini akan diberikan. Jalani dulu pasti kamu juga kuat, jangan keok samemeh di pacok, selsaikan apa yang sudah dimulai. Dan saya yakin keindahan ada didepan sana setelah Anda menyelsaikannya dan menuntaskannya.

Semoga apa yang saya tulis ini dapat membantu Anda baik itu dalam hal apapun, namun saya ingatkan sekali lagi cobalah dulu karna sesuatu itu pasti ada obatnnnya dan jawaban, jalannya. Entah Anda seorang laki-laki, wanita, namun Anda harus bersemangat, berjuang, lawanlah semua rintangan dengan kesungguhan, ketekunan, dan apapun yang Anda mampu, karna badai akan berlalu.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...