√ Usia Cat Dinding, Besi, Kayu, Dan Melamingedung arsitektur: Usia Cat Dinding, Besi, Kayu, Dan Melamin

Kamis, 30 April 2020

Usia Cat Dinding, Besi, Kayu, Dan Melamin

gedungarsitek.blogspot.com - Sebelum masuk kepembahasan alangkah baknnya bilmana Anda mengetahui tentang cat, yang mana cat juga mempunyai umur yang perlu kita jaga dan perhatikan. Supaya cat yang kita pasang baik itu dirumah kita, dinding, besi, pagar, kayu, kusen, jendela, dan yang lainnya tetap terjaga keindahannya, dan tidak pudar, bilamana pudar kita harus memperbaikinnya.
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/04/usia-cat-dinding-besi-kayu-dan-melamin.html
Painter Painting Lackierer Paint Ink Roller Image by Capri23auto from Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Anda harus memperhatikan cat pada bangunan rumah Anda, karna cat juga memiliki masa, umur, ketahanan baik itu dari segi ketahanan warna, ataupun ketahanan terhadap material pembentuk catnnya sendiri. Karna tidak jarang dan tidak sedikit bahwa anggapan orang-orang yang awam, ketika rumah sudah dicat, maka akan beres untuk selama-lamannya, padahal itu tidak benar.

Memang cat juga punnya minimal dan maksimalnnya, dan bilamana sudah maksimal maka Anda boleh menggantinnya atau melapisi dengan serupa supaya tampil beda dan ingin tampil menarik beda dengan yang lainnya. Karna cat baik itu cat interior/ekterior, dinding, pagar, besi, kayu, lisplank, atau kusen dan pintu jendela,  pasti ada masa batas usia dan ketahanannya. Karna memang usia cat biasannya beberapa tahun saja, dan saya akan bahas dengan tuntas serta terpercaya.

# Karna cat dinding ada 2 jenis;

1. Cat dalam ruangan atau orang sering menyebutnnya cat interior.
2. Cat luar ruangan atau orang sering menyebutnnya cat ekterior.

Baca Juga : Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah

Saya akan bahas berdasarkan terhadap kualitas cat yang terbagus, karna cat yang bagus itu pasti pilihan dan idaman semua orang, karna orang tidak akan memilih yang kaleng-kaleng. Namun kalian juga harus bisa menyesuaikan dalam mengecat, atau mengaplikasikan cat kebangunan rumah supaya rumah yang dicat bisa menebarkan, keindahan, kenyamanan, dan keamanan.

Dan bilamana ke 2 cat inisudah melewati usia, atau batas maksimum, ketahanan, Anda harus melakukan pengecatan ulang, dan bilamana tidak, maka rumah Anda tidak seindah semula aslinnya. Dan cat ini akan terlihat pudar, warna akan cenderung berwarna muda, kusam, dan yang pasti warna terlihat muda dari warna aslinnya.

1. Karna cat dalam ruangan atau cat interior, ini memiliki usia ketahanan diantara 5 (lima) sampai dengan 7 (tujuh) tahunan.
2. Karna cat luar ruangan atau cat ekterior,  ini memiliki usia ketahanan relatif pendek diantara 3 (tiga) sampai dengan 5 (lima) tahunan.


Fungsi Usia Cat
https://gedungarsitek.blogspot.com/2020/04/usia-cat-dinding-besi-kayu-dan-melamin.html
Brush Color Canvas Farbkleckse Brush Strokes Image by DarkWorkX from Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Disini saya akan jelaskan mengenai sebuah cat dan pengertian cat tersebut atau orang sering mengatakan dengan kegunaan, manfaat dari material, bahan tersebut. Yuk simak dan baca sampai selsai supaya ga ada kesalah pahaman diantara kita baik itu dari segi materi dan pemahaman.

1. Cat Besi

Cat Besi ini biasannya dan salah satu cat yang biasa kita pakai untuk mengecat besi baik itu pagar ataupun ornamen rumah, atau juga  teralis jendela rumah. Dan bilamana cat besi ini bila kita mengaplikasikan didalam rumah, maka ini mempunyai usia yang relatif cukup lama bisa mencapai  7 (tujuh) tahunan. 

Baca Juga : Cara Mengecat Ulang dinding

Dan bilamana cat besi kita diaplikasikan, dan mengaplikasikannya diluar rumah, maka usiannya ini sangat cukup pendek mugkin hannya 3 (tiga) tahunan. Karna ada beberapa faktor dan penyebab diantarannya terkena karat, dan ini perlu harus dicat, pengecatan ulang.

2. Cat Kayu

Cat Kayu ini biasa kita pakai untuk pengecatan yang bersifat kayu, namun cat kayu ini memiliki sifat hampir sama dengan cat besi dalam ketahanan usiannya. Karna bilamana kita mengaplikasikan cat didalam ruangan atau interior, maka biasannya dan ini memiliki usia ketahanan sampai dengan 10 (sepuluh) tahunan.

Namun bilamana Anda mengaplikasikan dan menggunakan cat kayu ini diluar bangunan atau ekterior rumah, maka biasannya memiliki dan mempunyai ketahanan usia terhadap cuaca baik itu terhadap terik sinar matahari ataupun hujan, biasannya sampai usia 3 (tiga) hingga 5 (lima) tahunan.

3. Cat Melamin

Cat Melamin biasannya kita lihat dan kita pakai untuk finishing daun pintu jendela atau kusen pintu jendela, dan kadang kita temui dan kita pakai untuk finishing lemari/alamri atau mebel furniture rumah. Dan bilamana cat melamin ini kita pakai, aplikasikan didaerah yang mudah terpapar, terjangkau terik sinar matahari, maka sangat rentan sekali perubahan seperti terjadi warna yang sangat cepat pudar, memudar, atau yang pada akhirnnya tinggal warna kayu aslinnnya.

Baca Juga : Bangunan Tradisional

Dan memang bilamana cat ini diaplikasikan, dipakai di ekterior atau di luar rumah, biasannya kita cepat untuk harus mengecat ulang, kembali, atau diperbarui kembali. Dan biasannya ketahanannya usiannya kadang 2 (dua) tahun, dan kadang juga maksimalnnya sampai 3 (tiga) tahunan. Dan kadang juga didaerah yang tercapai oleh terik sinar matahari mampu bertahan 4 (empat) tahun, namun tidak tetap, kadang-kadang aja, atau sunda biasannya menyebut belang betong.

4. Cat Politur atau Pelitur

Cat Politur atau kita serig sebut cat Pelitur dan biasannya cat ini seing dipakai terutama untuk  finishing bahan kayu, dan memang cat ini sering digunakan, sebelum ditemukannya cat melamin. Dan cat politurini memiliki usia dan ketahanan warna yang begitu cukup lama bila dibandingkan dengan cat melamin. Karna cat politur ini mapu dapat bertahan terhadap cuaca ekterior luar ruangan hingga sampai 5 (lima) tahunan.

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai sebuah usia cat baik itu dari ketahanan usia, fungsi cat dan yang lainnya. Dan semoga apa yang saya tulis ini dapat membantu kalian atau dapat menginpirasi kalian dan semoga Anda semua terbantu dengan adannya artikel ini. Jadi Anda harus bijak dalam memilih cat, baik itu cat ekterior maupun interior, serta pilihlah kualitas cat yang bagus supaya tidak gampang terhadap perubahan warna cat. 

Dan jangan lupa lihat disekeliling rumah kalian apakah ada yang sudah pudar atau sudah berubah warna, perubahan warna cat, atau ada yang sudah harus diganti dan dicat ulang. Selalulah rawat, perhatikan dan budayakan merawat rumah kalian dengan sangat teliti supaya rumah kalian tetap terjaga baik itu dari segi keindahan, ketahanan material atau dari segi keamanan kontruksinnya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...