√ Cara Mengecat Ulang dindinggedung arsitektur: Cara Mengecat Ulang dinding

Sabtu, 09 Mei 2020

Cara Mengecat Ulang dinding

gedungarsitek.blogspot.com- Disini saya akan coba membahas mengenai cara Mengecat ulang dinding dan hal yang bersangkutan dengan cat, namun sebelum masuk kepembahasan alangkah baiknnya bilamana Anda mengetahui cara mengecat ulang dinding yang baik dan benar serta ampuh dalam pengerjaannya. Dan alangkah baiknnya bilamana Anda mengetahui tentang ketahanan atau usia cat yang kita pakai, supaya dalam perencanaan, konsep dan yang lainnya sudah diperhitungkan.
Perbaikan Cat Bantal Perbaikan Rumah Gambar oleh Igor Schubin dari Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Kadang dan kebanyakan orang tidak tau tentang usia, ketahanan cat dinding, dan Anda semua harus tau bahwa cat dinding atau cat bangunan juga memiliki minimal dan maksimal usiannya. Karna cat dinding memiliki salah satu bahan material yang berbahan dari pigmen atau orang menyebutnnya dan mengenalnnya dengan nama pewarna. Dan pewarna bisa dan akan pudar bilamana terkena terik sinar matahari semisal hujan, panas, atau juga dikarnakan batas watu usiannya.

Karna usia cat dinding atau cat rumah/bangunan yang paling sangat ideal yaitu maksimal sampai 5 tahun. Maka dari itu Anda bisa mengambil tindakan dan alangkah baiknnya bila pada usia 3 s/d 4 tahun cat rumah Anda diperbarui dan ini perlu diperbarui. Supaya cat dirumah Anda terawat, terperhatikan serta warna rumah Anda selalu eksis tampil dengan sempurna, dan supaya terjaga dari keindahannnya.

Baca Juga : Usia Cat Dinding, Besi, Kayu, Dan Melamin


Tips Cara mengecat/pengecatan ulang dingding 

Disini ada beberapa tips cara pengecatan atau mengecat ulang dinding baik itu cat yang sudah lama atau yang baru tetapi sudah tidak bagus. Maka dari itu saya akan membuat cara tipsnnya supaya cat kalian bagus dan bilamana ingin mengecatnnya saya terakan  langkah-langkahnnya, satu demi satu sampai tuntas pekerjaan.

1. Cara Mengecat Ulang Dingding Lama

- Dan bilamana cat dinding atau permukaannya masih bagus, tidak adannya kebocoran ataupun jamur. Carannya dengan langkah Anda harus mengamplas cat dinding lama itu. 
- Dan pastikanlah cat lama sudah benar-benar teramplas dengan bersih
- Anda harus membersihkan dan bersihkan dengan kain sebelum Anda melakukan pengecatan ulang dengan cat baru.
- Dan sangat baik bilamana sesudah diamplas disiram dengan air supaya debu amplas tidak menempel dipermukaan yang akan kita cat ulang kembali.
- Tunggu sampai benar-benar permukaan dingdingnnya kering.
- Dan bila tidak memungkinkan untuk disiram cukup hannya dibersihkan atau dilap dengan kain lap saja.
- Dan setelah itu dinding rumah Anda sudah siap untuk dicat atau pengecatan dan dicat ulang.

2. Cara Mengecat Ulang Dingding Lama

- Dan bilamana dinding terjadi kerusakan semisal berjamur, cat banyak yang mengelupas, atau akibat bocor ataupun bergelembung.
- Maka yang Anda harus lakukan dengan bertindak cepat.
- Kupaslah cat dinding baik itu dengan scrap (kape) ataupun sejenisnnya, dan pastikan benar-benar terkelupas, bersih, sampai terlihatnnya acian dinding rumah Anda.
- Dan bilamana susah/ sulit mengupas/mengamplasnnya bisa dengan mengoleskan, menuangkan kepermukaan dinding dengan paint remover. 
-Lalu bersihkan dinding itu dengan sikat kawat ataupun disiram kepermukaan dinding dengan air.

Baca Juga : Tips Tinggi Pagar Bangunan Rumah

- Karna supaya kotoran dan debu disaat Anda mengupas/ mengamplas cat supaya benar-benar sangat bersih.
- Dan Anda harus memperbaiki dinding yang kurang baik atau rusak dengan pelesteran atau acian baru.
- Namun bila retak segeralah Anda menutupnnya dengan pelapis peretak atau retakan dinding.
- Atau bila terjadi kelembaban yang serius cukup tinggi atau juga dindingnnya terasa basah.
- Maka harus mengeringkan atau keringkan dulu dinding lalu oleskan lapisan water proof terutama ini untuk dinding.
- Dan bila kelembaban sangat cukup tinggi sebaiknnya dan lebih baik menggunakan cat anti air.
- Dan bilamana semua masalah ataupun kerusakan sudah ditangani dan beres, maka tinggal mengecat, pengecatan pada dinding rumah Anda.

Melakukan mengecet atau pengecatan itu boleh dengan roll ataupun sebuah kuas dan semuannya itu sama-sama bagus dan yang membedakan ada sedikit penempatannnya. Dan bilamana mengecat dinding lebih bagus memakai roll, karna memakai alat ini yaitu roll mempunyai banyak keuntungan, kelebihannya semisal penyebarannya tidak boros, hasil sangat rata, halus, rapi, dan pastinnya pengerjaannya lebih cepat.

Dan bilamana Anda ingin menggunakan kuas, Anda bisa gunakan kuas itu untuk pengecatan atau mengecat lis atau sudut dinding, ataupun bidang yang permukaannya sangat sempit atau kecil. Dan yang kecil ini kuas ini memang tidak kalah keunggulannya dengan kuas roll, namun semua juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Bangunan Tradisional


 Cara pengecatan/mengecat dinding agar hemat tidak boros

 Pelukis Lukisan Karyawan Bangunan Pekerja Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay  (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
- Semisal dinding ruang tidur/kamar tidur yang mempunyai 4 bidang.
- Dan lakukanlah mengecat dari lapisan pertama pada sebuah dinding 1,2,3 dan 4.
- Dan tungggulah sebentar beberapa saat supaya cat yang menempel kering atau agak keing.
- Atau sudah tidak basah/berair, dan sudah terserap oleh pori-pori dinding.
- Dan Anda harus mengulangi mengecat/pengecatan lapisan kedua dan teruslah ulangi langkah yang diatas.
- Dan Anda harus ingat bahwa pengecatan/mengecat itu dilakukan dengan secara bertahap-tahap.
- Untuk pelapisan cat dinding rumah Anda cukup dengan 3 X lapis, itu permukaan dinding sudah rata/rapi.
- Dan pilihlah cat yang kualitasnnya bagus supaya pengerjaannya cepat hasilnnya jelas bagus.

Jadi itulah pembahasan dari saya mengenai sebuah cara mengecat ulang rumah baik itu cat yang sudah lama atau baru tetapi rusak. Dan Anda semua pilihlah dan harus memilih sebuah cat yang bagusserta pilihlah cat yang berkualitas supaya hasil jelas bagus dan tahannya alama. Karna sebuah cat juga mempunyai masa ketahanan baik itu terhadap cuaca dan sebangsannya, yang lainnya.

Mungkin sekian dari saya pembahasan kali ini semoga menginpirasi Anda baik itu dalam hal manapun. Dan semoga apa yang saya tulis ini membantu kalian terutama yang membutuhkan, dan bilamana ada sebuah pertannyaan, maka jangan malu untuk bertannya. Dan semoga apa yang saya bahas ini dapat bermanfaat khusus untuk saya pribadi umumnnya untuk yang membutuhkan.

Sumber : gedugarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...