√ Cara Mengecat Ulang Dinding Rumahgedung arsitektur: Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah

Jumat, 10 April 2020

Cara Mengecat Ulang Dinding Rumah

gedungarsitek.blogspot.com - Apa manfaatnnya mengecat ulang dinding? Untuk apa dicat? Apa harus mengecat ulang?Dan bagaimana carannya? nah disini saya akan coba membahas mengenai cara mengecat ulang dingding bangunan yang bagus. Dan Anda harus memperhatikan terutama pada cat yang lama, supaya terus terjaga kecerahan dan keindahannya dalam artian perawatan bangunan terutama pada cat rumah.
Painter Painting Lackierer Business Card Paint Image by Capri23auto from Pixabay (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Karna sebuah cat itu ibarat kebutuhan, makanan dan minuman dina pada butuhnya dan makanan minuman juga tidak asal kita makan, dan seperti cat juga tidak asal jemplak cat aja, ada sebuah pilihan juga. Karna cat bisa dikatakan ibarat obat banyak manfaatnnya dan harus dipakai terutama untuk membutuhkan, dan setiap penyakit juga beda obatnnya. Dan cat juga beda cat beda bahan yang dicat, misal cat besi ya khusus untuk besi, cat dinding khusus untuk dinding, cat kayu ya khusus kayu dan sebagainnya.

Cat juga memiliki minimal dan maksimal batas nnya, karna cat dinding ini sebuah material pigmen atau disebut pewarna dan pastinnya akan pudar karna batas waktu atau terkena sinar matahari, terkena hujan dan yang lainnya. Dan cat ini yang ideal maksimalnnya 5 tahun, dan sangat baik untuk rumah Anda bila diusia 3 s/d 4 tahun memperbaruinnya atau Anda mengganti dengan cat baru atau cat lama ditupuk dengan cat baru.

Baca Juga : Manfaat Toples Kaca Yang Sering Terlupakan


Cara Pengecatan Ulang Dinding Lama

1. Dan bilamana dirumah Anda tidak ada semacam hal yang menjengkelkan seperti halnnya tidak adannya jamur atau semacam tidak adannya kebocoran, dan yang lainnya, tinggal Anda hannya menghamplas cat dingding dirumah Anda yang lama. Pastikan cat lama dirumah anda sudah teramplas, bersih, dan bersihkan dengan kain, sebelum Anda mengecat, menumpuk dengan yang baru. 

Dan lebih bagus dan sangat baik bilamana sudah diamplas dingding disiram air supaya debu-debu aplas tidak ada dan tidak menempel dipermukaan yang akan dicat kembali, ulang, dan tunggu sampai kering. Dan bilamana ditak memungkinkan untuk disiram dengan air atau tidak sempat maka cukup dengan membersihkan dibersihkan dengan lap saja, dan siap untuk dicat kembali dan diperbarui.

2. Dan bilamana cat dirumah kamu banyak dan terdapat yang rusak akibat mengelupas, bergelombang, akibat bocor atau berjamur, maka carannya kupaslah cat dinding tersebut dengan scrap atau kape, lakukanlah sampai benar-benar terlihat acian dinding dan sampi bersih terkelupas catnnya. Dan bilamana bandel atau susah maka Anda bisa menggunakan paint remover dengan mengulaskannya kepermukaan dinding.

Baca Juga : Tips Tinggi Pagar Bangunan Rumah

Kemudian Anda harus membersihkannya dengan sikat kawat dan siramlah permukaan dinding dengan air, supaya kotoran dan debu mengupas catnnya benar-benar sangat bersih. Dan perbaikilah dinding yang terlihat rusak dengan acaian baru dengan plesteran, namun bilamana tidak terjadi kerusakan, atau retak-retak maka cukup menutupnnya dengan pelapis retakan dinding. Dan bilamana terjadi kelembaban yang cukup besar atau tinggi dan dingding terasa basah, maka Anda harus mengeringkan dinding kemudian lanjutkan oleskan lapisan water proof untuk dinding.

Namun bilamana kelembabannya tingkat tinggi, besar Anda sebaiknnya menggunakan sebuah produk cat anti air, memang cara ini perlu penanganan yang serius dan tersendiri, karna akibat dikarnakan kerusakan dipermukaan dinding, namun bila sudah ditangani dengan benar maka segera lakukan dan tinggal pengecatan perbarui pada dinding rumah Anda.

rush Color Canvas Farbkleckse Brush Strokes Image by DarkWorkX from Pixabay (Sumber: gedungarsitek.blogspot.com)
Anda gunakanlah roll untuk mengecat dan gunakanlah koas terutama untuk pengecatan dibidang yang sempit, kecil, atau dibagaian sudut-sudut dinding atau juga lis dinding. Karna roll ini tidaklah boros,malah menggunakan alat roll ini memiliki banyak keuntungan mulai dari hasil pengecatan yang rapi, rata, penyebarannya tidak boros, dan yang pastinnya pengerjaannya sangatlah lebih cepat.

Cara, tips pengecatan mengecat dingding yang tidak boros kita ambil sebagai contoh misal kita akan mengecat ruang tamu, atau kamar tidur, dikamar tidur terdiri dari 4 bidang, dan Anda lakukanlah pengecatan pada lapisan pertama pada dinding kamar tidur Anda 1,2,3 dan 4 dan Anda biarkan atau tunggu beberapa saat supaya cat yang menempel sudah benar-benar mengering, kering, terutama sudah tidak basah, berair, karna pori-pori dinding sudah menyerapnnya, dan setelah itu ulangi lagi pengecatan yang kedua dan sampai seterusnnya mengulangi lagi sampai 3X lapis.

Baca Juga : Tips Mengenal Arsitektur Futuristik

Anda juga harus mengingatnnya bahwa pengecatan, mengecat dinding rumah dengan melakukan secara lapisannya bertahap, dan Anda bisa untuk lapisan, pelapisan cat dinding dengan 3X lapis sampai permukaan sudah rapi atau rata. Namun Anda juga harus bisa dan bijaklah dalam memilih cat dan kualitas supaya bisa menutup dinding dengan sempurna, dan supaya tidak boros, atau supaya hasilnnya tidak belepotan, karna produk kualitas tidak akan membohongi hasil.

Jadi itulah pembahasan pada kesempatan ini semoga membantu Anda dan semoga Anda terinpirasi dengan artikel yang saya buat ini. Karna apapun yang kita bangun dan rencanakan itu akan bagus dan tidak bagusnnya bagaimana kita memilih dan menerapkan material atau bahannya dan pengerjaannya, dan Anda juga jangan abaikan soal kualitas ya.

Namun bilamana Anda tidak tau kualitas, atau cat mana yang bagus dan yang cocok untuk rumah Anda maka Anda bis menanyakannya kepada yang tau atau arsitek terdekat, atau bisa tanyakan kepada saya. Dan bialamana Anda sudah paham, tau terhadap cat, pengerjaan, kualitas, materil, bahan yang bagus, maka langsung aplikasikan lakukan pengerjaannya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...