√ MANFAAT KEPUASAN PELANGGANgedung arsitektur: MANFAAT KEPUASAN PELANGGAN

Minggu, 03 November 2019

MANFAAT KEPUASAN PELANGGAN

MANFAAT KEPUASAN PELANGGAN



Manfaat Kepuasan Konsumen, Kepuasan yaitu perasaan seseorang yang begitu sangat senang atau suatu yang sangat kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan sesuatu antara presepsi atau kesannya terhadap suatu kinerja atau (hasil) suatu produk dan apa yang diharapkannya.

Dan  menurut (Kotler, 2000), kepuasan merupakan suatu fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan. Jika kinerja dibawah suatu harapan, konsumen tidak begitu puas. Jika kinerja memenuhi suatu harapan, konsumen begitu puas. Jika kinerja melebihi suatu harapan, konsumen amat puas atau senang sekali.

Menurut Kotler (2000),  kepuasan seorang  konsumen merupakan suatu tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara manfaat produk dan  yang konsumen rasakan dengan harapannya yang diinginkannya. Kepuasan konsumen adalah suatu penilaian konsumen atas produk ataupun suatu jasa dalam hal menilai apakah suatu  produk atau jasa tersebut telah memenuhi suatu kebutuhan dan ekspektasi konsumen.

Dan Menurut Francis Buttle (2007: 28) dia mengatakan “Naiknya suatu tingkat kepuasan akan meningkat pula kecenderungan seorang konsumen untuk kembali membeli suatu produk yang ditawarkan perusahaan”. Pada gilirannya kondisi ini akan mempengaruhi suatu perilaku konsumen dan berdampak sangat signifikan terhadap suatu performa bisnis perusahaan.

Baca Juga : Tips Rahasia Mendapatkan Klien Baru

Manfaat menciptakan suatu kepuasan pelanggan akan membawa suatu dampak yang besar bagi suatu perusahaan. karna kepuasan dan manfaat seorang konsumen itu sangat yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Dan seorang ahli Ali Hasan (2013) menyatakan bahwasannya manfaat kepuasan pelanggan meliputi sebagai berikut :


Manfaat Kepuasan Pelanggan Meliputi



1. Pendapatan

Suatu efek kepuasan pelanggan terhadap suatu kinerja pendapatan atau suatu keuntungan jangka panjang (performance measures reflecting long-term profitability) dan dibentuk oleh berbagai suatu dimensi yang strategis dan yang lebih kompetitif melalui suatu aktivitas produksi baru, kesetiaan merek, asosiasi merek/ perusahaan, mutu produk, sanak keluarga berharga, kemampuan capaian karyawan dan seorang manajer.

2. Reaksi Terhadap Produsen Berbiaya Rendah

Karna pemotongan suatu harga oleh prusahaan dianggap senjata paling ampuh untuk mencari mangsa. Banyak pelanggan yang bersedia membayar harga lebih mahal untuk pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik. Suatu strategi terfokus pada kepuasan konsumen merupakan alternatif yang paling terbaik dalam mempertahankan seorang konsumen untuk menghadapi para produsen yang berbiaya rendah.

3. Manfaat Ekonomis

Dengan  memertahankan dan memuaskan seorang konsumen karna saat ini jauh lebih mudah dibandingkan terus-menerus berupaya menarik atau memprospek konsumen baru, dan biaya memertahankan seorang konsumen lebih murah dibandingkan biaya mencari seorang konsumen baru.

4. Reduksi Sensitivitas Harga

Karna pelanggan yang sangat  puas terhadap sebuah perusahaan cenderung lebih jarang menawar harga untuk setiap pembelian individualnya. Dan kepuasan seorang konsumen mengalihkan fokus pada harga pelayanan dan yang kualitas.

Baca Juga : Strategi Kepuasan Pelanggan
  • Manfaat dari kepuasan pelanggan
  • Pelanggan akan semakin loyal kepada kita.
  • Adanya potensi pembelian ulang oleh pelanggan.
  • Memudahkan kita untuk melakukan produk yang berbeda.
  • Memudahkan kita untuk menwarkan sesuatu yang baru kepada pelanggan.
5. Key Sukses Bisnis Masa Depan
  • Jadi dalam hal ini terdapat 4 hal yaitu :
  • Kepuasan konsumen merupakan strategi bisnis jangka yang paling panjang, membangun dan memperoleh suatu reputasi produk-perusahaan dibutuhkan waktu yang cukup relatif lama, dan diperlukan investasi besar pada serangkaian aktivitas bisnis untuk membahagiakan seorang konsumen.
  • Kepuasan pelanggan merupakan indikator kesuksesan bisnis di masa depan yang mengukur kecenderungan reaksi pelanggan terhadap perusahaan di masa yang akan datang.
  • Dan program kepuasan seorang konsumen/pelanggan relatif  cukup mahal dan hanya mendatangkan suatu laba jangka panjang yang relatif cukup lama. 
  • Ukuran kepuasan seorang konsumen lebih prediktif untuk kinerja masa depan sekalipun tidak mangabaikan suatu data akuntansi.
6. Word-Of-Mouth Relationship

Pelanggan yang puas dapat menjadikan hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, menjadi advocator bagi perusahaan terutama ketika reputasi perusahaan atau produk dilecehkan oleh orang lain, serta membentuk rekomendasi positif dari mulut ke mulut yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing

Kepuasan seorang pelanggan akan dapat digunakan oleh suatu badan usaha untuk menciptakan suatu loyalitas pelanggan. Karna hal ini jauh lebih penting daripada berusaha untuk mendapatkan suatu  konsumen baru, karena biaya yang diperlukan untuk mendapat seorang konsumen baru jauh lebih besar dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempertahankan konsumen lama.

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai manfaat kepuasan konsumen karna sesuatu majunnya perusahaan dan seorang pembisnis itu tergantung kepada pelanggan tanpa seorang pelanggan konsumen perusahaan besarpun ga ada apa - apannya jadi janganlah sia-siakan seorang konsumen majunnya seorang perusahaan itu karna konsumen tanpa mereka kalian tidak punnya apa-apa jadi teruslah pikirkan supaya konsumen merasa bahagia dan puas terhadap produk kita dan prusahaan kita.

Mungkin hannya ini yang dapat saya sampaikan dikali ini semoga apa yang saya bagikan, update dan yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan dan saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan kalian dan yang membaca saya sekali lagi mengucapkan terima kasih dan bilamana kalian ada suatu pertannyaan maka jangan malu bertannya dan bertannyalah dan sekian pembahasan dari saya dan saya mohon pamit.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...