FUNGSI PEMASARAN
Pemasaran bisa juga diartikan perpaduan dari suatu aktivitas-aktivitas yang begitu saling berhubungan disuatu untuk mengetahui suatu kebutuhan klaien/konsumen, distribusi, dan mengembangkan suatu promosi, pelayanan dan harga agar suatu kebutuhan klaien/ konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada suatu tingkat keuntungan tertentu atau keuntungan dititik puncak keuntungan.
Dengan adanya suatu pemasaran, klaien/konsumen tidak perlu lagi memenuhi suatu kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri karna dengan melakukan suatu pertukaran antara klaien/konsumen dengan pelaku pemasar sehingga akan adannya banyak waktu klaien/konsumen untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai. Ada tujuh Fungsi Pemasaran, yaitu:
Baca Juga : Pengertian Strategi Pemasaran
Ada tujuh Fungsi Pemasaran
Merupakan pengamatan dan evaluasai kebutuhan, hasrat dan keinginan konsumen. Analisis suatu klaien/konsumen akan melibatkan pengadaan survey seorang klaien/konsumen, dan penganalisisan informasi konsumen, pengevaluasian suatu strategi pemosisian pasar, pengambangan profil klaien/konsumen, dan penentuan strategi segmentasi pasar yang sangat optimal.
2. Penjualan Produk/Jasa
Penjualan meliputi banyak aktivitas pemasaran, seperti iklan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perorangan, manajemen tenaga penjualan, hubungan konsumen, dan hubungan diler.
3. Perencanaan Produk dan Jasa
Perencanaan produk dan jasa meliputi berbagai aktivitas seperti uji pemasaran, pemosisian produk dan merek, pemanfaatan garansi, pengemasan, penentuan pilihan produk, fitur produk, gaya produk, kualitas produk, penghapusan produk lama, dan penyediaan layanan konsumen. Karna uji pemasaran merupakan salah satu teknik perencanaan suatu produk dan jasa yang paling efektif karena memungkinkan sebuah organisasi untuk menguji rencana pemasaran alternatif dan meramalkan penjualan produk yang baru.
4. Penetapan Harga
Karna lima pemangku kepentingan (stakeholder) akan mempengaruhi keputusan penetapan suatu harga (pricing): klaien/konsumen, pemasok, pemerintah, distributor, dan pesaing. tetapi kadang - kadang bisa saja harga itu berubah karna ada suatu kendala yang lain.
5. Distribusi
Distribusi juga akan mencakup suatu penggudangan, dan saluran-saluran distribusi, dilokasi tempat ritel,cakupan distribusi, wolayah penjualan, serta kurir transportasi, dan penjualan grosir, dan ritel, tingkat lokasi persediaan. Distribusi menjadi sangat penting ketika sebuah perusahaan berusaha menerapkan strategi pengembangan pasar atau integrasi ke depan.
6. Riset Pemasaran
Riset pemasaran yaitu suatu pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan suatu data yang sistematis akan mengenai berbagai persoalan yang terkait dengan suatu pemasaran barang dan jasa. Dan suatu aktivitas riset pemasaran mendukung semua suatu fungsi bisnis yang pokok dari sebuah organisasi yang ada dan atau yang didirikan.
7. Analisis Peluang
Analisis peluang melibatkan penilaian atas biaya, manfaat dan resiko yang terkait dengan keputusan pemasaran. Tiga langkah yang diperlukan untuk membuat analisis biaya-manfaat (cost-benefit analysis):
Baca Juga : Fungsi Strategi Pemasarann
- Tiga langkah yang diperlukan untuk membuat analisis biaya-manfaat
2. memperkirakan total manfaat dari keputusan tersebut dan
3. membandingkan total biaya dengan manfaat. Apabila manfaat yang diharapkan melampaui total biaya, maka peluang itu menjadi lebih menarik.
- Pertama adalah fungsi pertukaran, dan pembeli dapat memperoleh suatu produk dari produsen dengan menukar dengan uang maupun pertukaran produk dengan produk yang sering dikatakan (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan untung atau malah sebaliknnya.
- Kedua yaitu fungsi distribusi fisik adalah suatu produk yang dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan suatu produk. Produk diangkut dari produsen mendekati konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, atau udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
- Ketiga fungsi perantara yaitu menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dan aktivitas fungsi merupakan suatu perantara antara lain, pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi atau penggolongan suatu produk.
Baca Juga : Tujuan Strategi Pemasaran
Jadi orang yang melakukan suatu pemasaran atau disebut pemasar, sebaiknya memiliki suatu pengetahuan dalam suatu konsep dan prinsip akan pemasaran agar kegiatan suatu pemasaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak klaien/konsumen yang dituju.
Jadi itulah fungsi pemasaran ditulis dengan yang begitu renyah, ringkes, simple, dan tentunnya mudah dimengerti, dan semoga apa yang saya tulis ini dan yang saya update ini dapat bermanfaat siapa saja yang membutuhkan dan saya mengucapkan terima kasih kepada yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan yang udah membaca tulisan ini saya mengucapkan terima kasih dan mungkin sekian pembahasan dari saya disambung dan dilanjut dilain waktu.
Sumber : gedungarsitek
Tidak ada komentar:
Posting Komentar