√ JENIS - JENIS KAYU DAN KARAKTERISTIKNNYAgedung arsitektur: JENIS - JENIS KAYU DAN KARAKTERISTIKNNYA

Kamis, 28 November 2019

JENIS - JENIS KAYU DAN KARAKTERISTIKNNYA

JENIS - JENIS KAYU DAN KARAKTERISTIKNNYA

Jenis - Jenis Kayu Dan Karakteristiknnya, sebagaimana kayannya seorang negara dari macam kayu aja sudah banyak sampai jutaan namung yang saya akan bahas disini hannya beberapa biji bisa dihitung dengan jari namung yang dibahas disini yang sering digunaakan furniture dan yang lain juga banyak namung hannya yang saya bahas disini hannya beberapa biji saja.

Sebagaimana saya akan bahas sekarang tentang mengenai jenis kayu dan karakteristiknnya dari mulai kayu jati, kayu merbau, kayu mahoni, kayu sonokeling, kayu mindi, kayu pinus dan kayu sungkai, dan kalian semoga aja terinpirasi dengan apa yang saya bahas pada kesempatan ini dengan kata lain dalam memilih pelengkap rumah atau furniture dengan bahan dari apa dan yang berkualitas tentunnya.


Jadi dari salah satu olahan dan kekayaan alam, kayu memiliki ratusan bahkan jutaan jenis dan ciri khasnnya yang berbeda - beda. Dan beberapa mungkin kalian sering temui di halaman rumah kalian baik itu dalam bentuk furniture atau yang lainnya.


Baca Juga : Tips Merawat Furniture Atau Mebel Bahan Kayu


Jenis Kayu Berdasarkan Karakteristiknnya

Nah karna saya pada kesempatan ini akan membahasnnya dengan berdasarkan lokasi tempat dan tumbuhnnya. Tentunnya tingkat ketahanan kayu - kayu ini dan serta dari sisi warnannya. Sebagaimana sebagai berikut :

1. Jenis Kayu Jati

Kayu jati sering dianggap sebagai suatu kayu dengan tekstur serat paling menawan dan begitu indah, kayu Jati ini sangat dikenal didunia internasional karena selain dari keindahannya, juga karena daya tahan yang begitu sangat kuat terhadap cuaca, suhu, jamur, retak dan serangga. 

Karena dari segi keunggulannya, kayu jati ini menjadi suatu salah satu jenis kayu paling populer dan mahal yang ada di pasaran, dan kayu jati ini hanya bisa diperoleh oleh distributor yang disetujui pemerintah.

2. Jenis Kayu Merbau

Karna dari tingkat kekerasan yang dimiliki kayu Merbau ini membuatnya banyak dan sangat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat furniture minimalis atau dekorasi pelengkap suatu ruangan. Kayu jenismerbau ini memiliki suatu warna yang begitu coklat kemerahan dan cukup tahan terhadap suatu serangan serangga dan yang lainnya.

Karna kualitas inilah yang mendudukan suatu kayu merbau sebagai alternatif utama untuk kayu jati. Untuk suatu urusan harga, mungkin hanya terpaut sedikit di bawah kayu jati. Tetapi keduannya sangatlah perperan yang begitu bagus dipasaran karna dua - duannya sama kuat dan bagus kualitasnnya.

3. Jenis Kayu Mahoni

Karna di Negara Indonesia khususnya pulau Jawa, sanat begitu banyak ditemui kayu Mahoni. Dalam masa tanam - menanam yang lebih singkat dan harga yang sangat begitu relatif lebih murah menjadikan suatu kayu Mahoni menjadi suatu pilihan lain dari kayu Jati.

Namun kurangnya daya tahan terhadap suatu rayap dan mungkin ini sangat harus terus diwaspadai supaya terjaga dengan aman. Dan kayu mahoni  ini memiliki suatu tone warna di kisaran merah hingga sampai merah muda. Kayu mahoni ini memiliki suatu tekstur yang begitu halus dan serta mudah dipotong dan dibentuk dalam ukiran apapun terutama dalam pembuatan furniture.

Baca Juga : Pengertian Mebel Dan Furniture

4. Jenis Kayu Sonokeling

Mungkin dari keunikan kayu Sonokeling ini dari kayu yang lainnya yaitu suatu warna yang begitu hitam keungulan dengan suatu tekstur yang sangat begitu indah, menawan dan menarik perhatian banyak orang. Dalam harga kayu ini sangat lebih relatif murah dari pada kayu jati. 

Mungkin kayu Sonokeling ini sangatlah awet dan tahan terhadap suatu rayap. Dan menjadikannya suatu pilihan yang begitu sempurna untuk kalian yang mementingkan dan menonjolkan terhadap suatu dari keindahan kayu namun kayu sonekling ini memiliki suatu bujet yang sangat terbatas.

5. Jenis Kayu Mindi

Namung dalam kayu ini sangat beda dengan yang lainnya, kayu ini dipasaran tertarif harga yang begitu tergolong murah, kayu Mindi merupakan suatu jenis kayu yang memiliki suatu tingkat ketahananyang begitu sangat sedang, atau juga kurang lebih setara dengan kayu Mahoni. Tetapi tidak terlalu kuat menghadapi suatu rayap dan serangga. 

Namun suatu kayu ini dapat diproses menjadi suatu produk- produk olahan kayu seperti veneer, blockboard dan pulp. Karna kayu ini Kayu Mindi umumnya memiliki rentang warna yang sangat begitu coklat muda hingga merah, dengan serat yang begitu sangat lurus.

6. Jenis Kayu Pinus

Kayu jenis ini adalah salah satu jenis kayu yang paling dan sangat umum digunakan sebagai suatu bahan baku furniture minimalis dengan harga sangat cupup relatif murah yaitu kayu Pinus. Dengan teksturnya yang terbilang begitu sangat halus serta warna yang cenderung begitu sangat terang.

Dan membuat suatu kayu pinus ini sangat cocok digunakan untuk membuatsuatu  furnitur dalam suatu  ruangan. Karena bila digunakan sebagai bahan pembuatan suatu furnitur outdoor, kayu Pinus ini sangat begitu rentan terhadap suatu perubahan suhu dan kelembaban, serta sangat lemah terhadap suatu  jamur dan begitu terlalu sangat mudah lapuk.  

7. Jenis Kayu Sungkai

Nah kalau jenis ini adalah Kayu Sungkai yaitu salah satu jenis kayu yang sangat paling familiar di Indonesia. Dan sangat  wajar saja, karena suatu kualitas kayu Sungkai ini kayu ini sangat memenuhi standard dan petukangan meskipun tidak bisa dibandingkan dengan kayu Jati atau kayu Sonokeling. 

Baca Juga : Mebel Atau Furnniture

Namung begitu sayangnya, tingkat suatu kekerasan dari  kayu Sungkai ini mungkin terlalu tinggi sehingga sangat rentan terhadap retak, dan tingkat keawetan kayu jenis ini dalam bentuk furniture atau yang lainnya kayu ini sendiri tidak terlalu begitu baik. Dan kombinasi warna putih dan warna kuning serta tekstur yang agak begitu sangat kasar menjadi suatu ciri khasan kayu Sungkai.

Jadi pada kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai sebuah furniture dari bahan - bahan yang berkualitas dan tentunnya kalian sering menjumpainnya di padepokan kalian dan di halaman rumah kalian atau yang lainnya baik itu dalam furniture atau dalam dekorasi hunian rumah yang pastinnya bahannya bagus, kualitas oke dan tentunnya tahan lama dan sangat kuat dari segi kekuatannya.

Mungkin dari saya dicukupkan sekian pembahasan yang begitu renyah ini dan tentunnya pastinnya sangat mudah dipaham dan dimengerti  dan semoga aja kalian semua yang membaca artikel ini dapat terinpirasi dalam memilih suatu kayu atau furnitur atau juga untuk dekorasi hunian rumah karna semua orang juga ga asal memilih furnitur tetapi mereka harus tau dulu dari segi kelebihan dan kekurangannya.

Nah mungkin sekian dulu pembahasan pada kesepatan ini mungkin saya akan sambung dikesempatan berikutnnya dan semoga aja apa yang saya posting update pada hari ini dapat membantu kalian dan semoga aja artikel ini dapat bermanfaat kepada siapa saja yang membutuhkan dan kepada kalian semua yang sudah berkunjung singgah di website/blog saya, saya mengucapkan terima kasih.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...