√ KLASIFIKASI&KARAKTERISTIK MEDIA PROMOSIgedung arsitektur: KLASIFIKASI&KARAKTERISTIK MEDIA PROMOSI

Kamis, 03 Oktober 2019

KLASIFIKASI&KARAKTERISTIK MEDIA PROMOSI

KLASIFIKASI&KARAKTERISTIK MEDIA PROMOSI


Klasifikasi & Karakteristik Media Promosi dikesempatan ini saya akan membhas mengenai tentang klasfikasi dan karakteristik media promosi karna ketika kita lagi mempromosikan tentang apa jasa dan produk kita ketika tidak ada klasifikasi dan karakteristik kemungkinan media promosi terasa ada yang kurang gitu bagaimana ketika kita ada yang menemani apalagi pasangan kita begitupun media promosi juga ketika tidak dibarengi adannya klasifikasi dan karakteristik mungkin terasa hampa.

Klasifikasi jasa dapat dikelompokkan kedalam beberapa kriteria. Sejauh ini telah banyak pakar yang mengemukakan skema klasifikasi jasa, dimana masing-masing ahli menggunakan dasar perbedaan yang disesuaikan dengan sudut pandangnya sendirisendiri.

Sebenarnya pembedaan antara produk dan jasa sukar dilakukan, karena pembelian suatu produk seringkali disertai dengan jasa-jasa tertentu (misalnya instalasi), dan pembelian suatu jasa seringkali pula meliputi barang-barang yang melengkapinya (misalnya makanan di restoran). Meskipun demikian.

Karakteristik produk dan jasa kalian mungkin tak asing lagi yang namannya produk dan jasa banyak orang berpikir bahwa sebuah produk merupakan tawaran berwujud , namun produk sebenarnnya isa lebih dari itu. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atou kebutuhan. Produk-produk yang dipasarkan meliputi barang fisik, jasa, pengalaman, acara-acara, orang, tempat, property, organisasi, informasi dan ide.

Baca Juga : Karakteristik Produk Dan Jasa
  • Berikut klasifikasi media dan karakteristiknnya ssesuai dengan jenis media promosinnya:
1. Website

Media yang memiliki jangkauan sangat luas. Karakteristik yang dimilikinnya adalah mengandung muatan informasi yang besar, paling efektif, menghibur dan edukatif dalam system komunkasi massa, dapat menerobos batasan tempat dan waktu dalam memberikan informasinnya, kaya akan tampilan gratis sehingga sangat terjangkau sebagai sarana promosi, media interaktif yang dapat menghubungkan seluruh media informasi meliputi visual, animasi, gambar dan teks.

2. Iklan Majalah

Media ini menawarkan kesempatan untuk mengulang kembali iklannya yang telah disampaikan dalam media lainnya. Iklan lewat majalah akan menawarkan nilai menyangkut kualitas produk yang baik. Karakteristiknnya adalah mempunyai massa edar yang panjang, mampu menjangkau segmen pasar dan audience tertentu yang lebih sfesifik, pada umumnnya majalah akan disimpan sebagai referensi, bahasa dan cara ungkap bisa disesuaikan dengan karakter media.

3. Catalog

Media ini biasannya membuat informasi yang lebih lengkap disbanding flyer atoupun brosur, sangat tepat untuk mempromosikan produk dengan jumlah banyak. Katalog memuat informasi yang lebih lengkap, dari informasi seputar sfesifikasi produk, gambar produk, kelebihan dan keunggulan, bahkan setiap kali diinformasikan juga harga produk tersebut. Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginan dan anggaran biayannya. Terkadang produk-produk yang didispalay pada katalog disertai juga dengan info diskon. Contoh penggunaan katalog antara lain digunakan oleh giant, Alfamart, Hero, Carrefour, Matahari, Olimpic, Colombia, dll.

4. Booklet

Booklet merupakan media komunikasi massa yang bertujuan untuk yang menyampaikan pesan yang bersifat promosi, anjuran, larangan-larangan kepada khalayak massa dan berbentuk cetakan. Sehingga akhir dari tujuannya tersebut adalah agar masyarakat yang sebagai obyek memahami dan meuruti pesan yang terkandung dalam media komunikasi massa tersebut. Booklet suatu sarana periklanan yang mampu menarik banyak konsumen-konsumen produktif. Hal ini disebabkan oleh adannya booklet yang bisa mencakup tidak hannya produk saja, akan tetapi dapat mencakup berbagai jenis-jenis produk yang itu bisa membuat konsumen melakukan perbandingan dalam hal marketing. Dalam pembuatan booklet masih tergantung pada high teknologi, hal ini merupakan alternatif dalam penampilannya yang efektif dan efisien dalam hasil dan proses pembuatan booklet tersebut.

Pandangan umum masyarakat mengenai booklet tidak jauh bebeda dengan promosi atou sponsor-sponsor. Sebagai contohnnya adalah sebuah perusahaan koperasi dalam melakukan pemasarannya menggunakan jasa media komunikasi massa berupa booklet, seperti memasarkan barang-barang yang diproduksinnya. Mulai dari:

a. Bentuk barang produksi
b. Keunggulan dan kelemahan barang produksi 
c. Perbedaannya dengan barang sama tetapi diproduksi oleh usaha lain
d. Dimana bisa memperolehnnya dan 
e. Beberapa harga dari produksi tersebut
  • Keunggulan dan kelemahan dari pengunaan booklet adalah sebagai berikut:
a. Booklet ini menggunakan media cetak sehingga biaya  yang dikeluarkannya itu bisa lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan media audio dan visual serta juga audio visual. Proses booklet agar sampai kepada obyek atou masyarakat bisa dilakukan sewaktu-waktu. Proses penyampaiyannya juga bisa  disesuaikan dengan kondisi yang ada, lebih terperinci dan jelas, karna lebih banyak bisa mengulas tentang pesan yang disamaikannya.

b. Kelemahan : booklet ini tidak bisa menyebar ke seluruh masyarakat, karna disebabkan keterbatasan. Tidak langsungnnya proses penyampaiannya, sehingga umpan balik dari obyek kepada penyampai pesan tidak secara langsung (tertunda). Memerlukan banyak tenaga dalam penyebarannya.

Baca Juga :  Klasifikasi Jasa

5. Spanduk

Spanduk merupakan suatu media informasi dan promosi yang sering digunakan oleh  para perussahaan  dalam memasarkan sebuah produk, biasannya spanduk terdapat pada tepi jalan raya atou diwarung-warung. Spanduk hannya diminati oleh para perusahaan dalam memasarkan produknnya, sebab hargannya pembuatannya yang cenderung murah, selain itu sangat efektif dalam media promosi, tergantung dalam desain yang pas untuk promosi produk.

Pada awalnnya, spanduk hannya terbatas menggunakan media kain dan sablon tapi seiring perkembangan jaman spanduk sekarang bisa dengan mudah dibuat menggunakan digital printing dan hasil dari digital printingpun lebih baik da kreatif dengan bantuan software-software yang canggih serta proses pembuatannya juga tidak terlalu lama dari pada menggunakan sablon. 
  • Kelebihan dan kekurangan spanduk sebaga berikut :
a. Khalayak dapat mengatur tempo dalam membaca. Dia dapat mengulang bacaannya kembali dan megatur cara membaca:
b. Media yang dapat ditinjau ulang, pembaca dapat dengan tenang, membaca dengan teliti.
c. Iklannya dan dapat membaca kembali bagian-bagian menurut kehendaknnya. Karna sifatnnya yang tercetak pesan-pesannya bersifat permanen dan kekuatan utamannya adalah dapat dijadikan bukti.
d. Media ini tahan lama dan dapat dilihat dari jarak jauh.
e. Saat pembaca tidak paham pada satu bagian dari isinnya, pembaca dapat menanyakan pada orang lain.
Kekeurangan dari penggunaan media informasi spanduk adalah sebagai berikut :
a. Untuk menikmatinnya diperlukan kemampuan membaca dan atensi atau perhatian, karna tidak bersifat auditif dan visual, ia memintakan pula kemampuan imajinasi pembaca untuk meikmati dan memahaminnya
b. Membutuhkan proses penyusunan dan penyebaran yang kompleks dan membutuhkan waktu yang relative lama
c. Jenis bahan yang digunakan biasannya mudah sobek, artinnya gangguan mekanis tinggi, sehingga informasi yang diterima tidak lengkap.

Baca Juga : Pengertian Media Promosi

6. Banner

Perkembangan teknologi digital printing membuat x-benner cukup popular digunakan pada saat ini. Dihasilkan dengan mesin flexi, x-benner menghasilkan kualitas yang cukup bagus namun harga yang terjangkau. Media ini biasannya berukuran 60 cm x 160 cm dan dibantu dengan penyangga (yang berbentuk seperti huruf x) agar mudah berdiri. Berikut kelebihan dari penggunaan banner adalah sebagai berikut:

a. Banner jika penempatan dan desain yang baik, iklan banner dapat memberikan di atas rata-rata iklan lainnya
b. Iklan banner adalah alat branding yang sangat baik
c. Penayangan iklan mudah dilacak dengan alat pelacakan yang tersedia. Iklan banner dapat membawa traffic bertarget yang tertarik dengan penawaran anda
Sedangkan untuk kekurangan dalam penggunaan media promosi banner adalah sebagai berikut:

a. Beberapa jenis iklan banner sering dilihat menjengkelkan dan sangat mengganggu
b. Pertumbuhan penggunaan blocker iklan mencegah pengguna melihat iklan
c. Oversaturation iklan banner menyebabkan kebutaan iklan. Harga iklan menurun akibat desain banner.

7. Brosur

Di Indonesia mulai dikenal pada tahun 1870, yakni digunakan untuk promosi perusahaan secara komersial. Brosur pertama kali datang diperusahaan milik belanda. Pada era 1930 hingga 1942, brosur mulai berkembang pesat di Indonesia. Walaupun demikian brosur pertama mengiklankan produk keperluan seperti odol, sabun tawaran kursus, bahkan prodduk kerajinan seperti batik beredar pesat. Brosur adalah terbitan tidak berkala yang dapat terdiri dari satu hingga sejumlah kecil halaman, tidak terkait dengan terbitan lain, dan selsai dalam sekali terbit. Halamannya sering dijadikan satu (antara lain dengan setapler, benang atau kawat), biasannya memiliki sampul, tapi tidak menggunakan jilid kertas.

Menurut definisi UNESCO, brosur adalah terbitan tidak berkla yang tidak dijilid keras, lengkap (dalam satu kali terbitan), memiliki paling sedikit 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, di luar perhitungan sampul. Bentuk da nisi bila terdiri dari satu halaman, brosur atau famplet umumnnya dicetak pada kedua sisi, dan dilipat dengan pola lipatan tertentu hingga membentuk sejumlah pacel yang terpisah.
  • Karakteristik brosur adalah:
a. Media informasi yang berupa lembaran kecil dengan banyak lipatan sehingga mudah dibawa-bawa dengan efesien
b. Menerangkan produk yang ditawarkan dengan kata-kata yang menarik serta menampilkan contoh produknnya
c. Penyebaran lebih terarah dan biaya terjangkau
d. Mempunyei tampilan menarik
e. Menarik pengunjung untuk menyampaikan informasi keorang lain.

8. Kalender, sangat efektif sebagai media promosi karna memiliki fungsi yang sangat besar. Karakteristiknnya adalah:

a. Sebagai reminder
b. Dapat menampilkan banyak ilustrasi
c. Biaya relative terjangkau
d. Bentuk yang bervariasi

9. Surat Kabar

Media yang bersifat umum dan mudah didapat dengan day abaca lama serta harga terjangkau. Surat kabar merupakan komunikasi massa paling popular setelah telivisi di Indonesia. Ciri-ciri surat kabar diantarannya:

• Publisitas : penyebaran kepada public
• Periodesitas : keteraturan/rutinitas
• Universalitas : keragaman isi menyangkut kepentingan umum
• Aktualitas : kini dan keadaan

  • Karakteristiknnya adalah:

• Market coverage, dapat menjangkau daerah-daerah dengan cakupan sasaran yang luas
• Flexibility  pengiklan dapat bebas memilih pasar dalam cakupan geografis yang akan diprioritaskan. Ukuran, prekuensi pemuatan maupun penggunaan warna dapat leluasa sesuai dengan budget
• Positive consumer attitudes konsumen umumnnya memandang surat kabar memuat hal-hal actual
• Comparison shooping (catalog value) hal ini menyangkut kebiasaan konsumen menjadikan surat kabar sebagai referensi berbelanja

10. Poster

Memiliki fungsi sebagai saluran komunikasi penyampaian pesan yang ada umumnnya berbentuk gambar diseratai dengan kata-kata karakteristiknnya adalah:

• Dapat mencapai target
• Memiliki frekuensi untuk dilihat secara berulang/berkali-kali
• Memiliki sifat selektif dan mempunyai impact yang besar
• Sebagai reminder dan data menimbulkan good will
• Hasil prima dan teknik cetak yang baik

11. Transit AD yakni media informasi yang memiliki jangkauan, frekuensi, kontinuitas yang luas bergerak kearah khalayak konsumen. Transit AD diktagorikan sebagai mkoving billboard. 

Karakteristiknnya yang dimilikinya adalah:

• Ruang iklan memandai
• Memiliki mobilitas tinggi
• Biaya terjangkau
• Mampu menjangkau sasaran tertentu secara langsung

12. Kaos Dan Kopi, media pendukung yang cukup efektif dengan sifat cenderung ke personal. 

Karakteristiknnya adalah sebagai berikut:

• Harga terjangkau
• Pesan visual dan informasi yang disampaikan jelas
• Jangka pemakaian lama
• Sebagai rminder
• Dapat tampil secara menyolok
• Dapat langsung dipakai

13. Stationery kit adalah media promosi melalui alat atau media kelengkapan administrasi yang bersifat sebagai alat promosi yang tidak langsung dapat menanamkan citra perusahaan.

14. Gift/souvenir merupakan jenis media pendukung yang dapat menimbulkan good will sebagai reminder. Bentuk media ini bermacam-macam bisa berbentuk boneka, gantungan kunci, mug sapu tangan dan lain sebagainnya.

15. Billboard. Sering disebut dengan papan reklame adalah bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Dapat dikatakan pula billboard adalah bentuk poster dengan ukuran yang lebih besar yang diletakan tinggi ditempat tertentu yang ramai dilalui orang. Berbentuk bidang dengan bahan terbuat dari kayu, logam, fiberglas, kain, kaca, flastik, dan sebagainnya dan pemasangannya berdiri sendiri, menempel bangunan dengan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen. Sehingga papan iklan diatas tokopun masuk katagoribillboard.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Billboard

Reklame memiliki 2 sifat, pertama reklame bersifat komersial yaitu suatu reklame yang digunakan untuk memperoleh keuntungan. Dan reklame bersifat sosial yaitu suatu reklame yang semata-mata tidak bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berbentuk material. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat reklame agar reklame tersebut dapat dikatakan baik, antara lain sebagai berikut:

a) Persuasif (mengajak) yaitu kegiatan reklame diharapkan dapat menarik dan mengajak masyarakat 

b) Estatis (induk) untuk dapat memvisualisasikan reklame dengen indah kita harus menerapkan beberapa unsur keindahan antara lain:

• Keseimbangan (balance)
• Harmonis Irama (ritme)
• Kontras (berlawanan)
• Etis (sopan atau sesuai dengan norma)
• Edukatif (mendidik)


sekian pembahsan dikesempatan ini kita sambung dilain tempat dan waktu dan kalau ada pertannyaan dimohon untuk menghubungi saya atau jga bisa lewat contact yang saya sudah sediakan dan terima kasih.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Apa saja yang termasuk konstruksi

 Beberapa Contoh Jenis Konstruksi adalah: 1. Konstruksi Gedung. Konstruksi Gedung adalah Konstruksi yang direncanakan sebagai bangunan denga...