√ FAKTOR – FAKTOR STRATEGI PEMASARANgedung arsitektur: FAKTOR – FAKTOR STRATEGI PEMASARAN

Sabtu, 19 Oktober 2019

FAKTOR – FAKTOR STRATEGI PEMASARAN

FAKTOR – FAKTOR STRATEGI PEMASARAN



Faktor - Faktor Strategi Pemasaran hai kalian semua dikesempatan ini saya akan membahas tentang yang berkaitan dengan strtegi pemasaran namung yang akan dibahas disini adalah faktor-faktor dari strategi pemasaran dan bilamana kalian ingin tahu bacalah sampai tuntas supaya ga ada kesalah pahaman diantara kita mungkin faktor-faktornya ada beberapa point yang sangat penting tentunnya dan sangat simple, ringkas, dan mudah dimengerti pastinnya.

Dalam dunia bisnisdan perbisnisan, suatu pemasaran sudah menjadi ujung tombak, tanpa adanya suatu manajemen pemasaran yang baik rasanya sulit bagi seorang pembisnis/bisnis apapun untuk bertahan dan berkembang. Karna sangat ketatnya suatu persaingan sudah menjadi hal yang lumrah, namun untuk memenangkan suatu  persaingan tersebut di benak konsumen merupakan suatu hal yang sulit dan perlu adannya strategi. Untuk itulah dibutuhkan adanya strategi pemasaran yang sangat matang dan handal untuk menjadi nomor satu di hati konsumen dan klaien.

Karna suatu strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai suatu tujuan dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu dalam membangun prosesnya pemasaran dimulai dari menemukan suatu apa yang diinginkan konsumen atau klaien dengan tujuan sebagai berikut:

Baca Juga : Pengertian Strategi Pemasaran

Konsumen potensial mengetahui secara sangat detail tentang produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka dan atas produk yang dihasilkan. Perusahaan juga dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan suatu pemasaran. Namun kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman suatu produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat dan tepat.  

Mengenal dan memahami suatu konsumen sedemikian rupa sehingga suatu produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Dalam menentukan strategi  marketing, ada dua factor yang mempengaruhi strategi marketing yang akan diambil. 


Berkut Adalah Dua factor tersebut antara lain :



1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat

Faktor Mikro, alias factor dengan ruang lingkup kecil, hannya pada perusahaan tersebut. Yang termasuk dalam factor mikro antara lain : supplier, distributor, konsumen, harga produksi dan kompotitor. Faktor mikro ini sangat penting untuk diperhatikan, jika tidak perusahaan bisa bangkrut perlahan. Sebagai contoh, perusahaan nokia bisa bangkrut karna terlalu meremehkan kompotitor mereka dan terlalu percaya diri dengan produknnya. Alhasil konsumen lebih menyukai produk kompotitor, dan sekarang nokiapun bangkrut dan mencoba comeback menggunakan produk yang sama dengan kompotitor.

Baca Juga : Contoh Strategi Pemasaran 

2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Faktor Makro, factor kedua yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah factor makro atau diluar perusahaan dengan cakupan yang lebih tinggi. Termasuk dalam factor makro adalah keadaan stabilitas Negara baik dari segi politik, sosial, ekonomi, maupun keamanaan. Suatu perusahaan tidak bisa berkembang jika keadaaan negarannya tidak stabil, karna itulah kesetabilan Negara menjadi tolak ukur penting seorang investor akan berinvestasi atau tidak. Semakin aman, maka semakin tinggi peluang investor untuk masuk.
  • Sementara dari sudut penjual atau produsen yaitu :
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price), dan
4. Promosi yang gencar (promotion).
  • Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan (convenience), dan
4. Komunikasi (comunication).

Baca Juga : Perencanaan Strategi Pemasaran

Faktor-faktor strategi pemasaran ini dan bila bisa dipertemukan akan menghasilkan suatu pemenuhan kebutuhan dan keinginan seorang konsumen/klaien  yang lebih jauh lagi adalah dapat terpenuhinya kepuasan konsumen dan klaien tersebut, Serta loyalitas dan suatu  komitmen terhadap suatu  perusahaan atau merek yang dibangun perusahaan.

Jadi itulah pembahasan dikali ini mengenai faktor-faktor strategi pemasaran dan semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat khususnnya kepada yang membutuhkan dan yang ingin menambah suatu ilmu dan semoga adannya artikel ini dapat membantu kalian terutama yang lagi mengerjakan tugas sekolah namung baca dulu supaya ga ada kesalah pahaman diantara kita dan bilamana ada yang salah dalam penulisannya mohon dimaklum.

Nah sekian dulu pembahasan dari saya mungkin saya sambung dilain waktu dan tempat yang berbeda namung sebelum saya selsai menulis saya mengucapkan berterima kasih kepada yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan ssemoga adannya artikel ini dapat membantu kalian dan semoga apa yang saya tulis sekarang dapat bermanfaat khususnnya kepada yang membutuhkan sekian dari saya dan saya mohon pamit tunggu pembahasan lainnya ya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...