√ DESAIN TAMAN MEDITERANIAgedung arsitektur: DESAIN TAMAN MEDITERANIA

Kamis, 17 Oktober 2019

DESAIN TAMAN MEDITERANIA

DESAIN TAMAN MEDITERANIA


Desain taman Mediterania adalah  salah satu konsep taman yang berisi tanaman berkarakter keras serta menggunakan elemen batu-batu alam dan pasir sebagai unsur estetis.  Atau salah satu konsep taman yang paling sesuai yang dipadukan dengan rumah, taman mediterania merupakan suatu taman dengan konsep memadukan suatu aneka ragam tanaman tropis seperti agave, yucca nolina dan sikas serta yang utama dengan unsur-unsur pohon bonsai dan dipadukan dengan penggunaan ornamen-ornamen seperti lampu taman, patung,pot dengan penyangga (stand), kolam ikan, dan batu koral sehingga suatu taman terlihat rapi, simple, indah, sejuk dan menawan hati.taman ini juga tersaji dengan beragam warna dan jenis tumbuhan. 

Umumnya suatu taman adalah sepetak tanah diluar rumah yang ditanami pohon-pohonan dan rumput yang bertujuan agar suatu rumah terasa sejuk, indah, nyaman dan tampak hijau. Naman taman juga bisa dijadikan dengan suatu pemandangan mini yang alami, sejuk, indah, nyaman dan natural yang bisa dinikmati dari dalam dan luar rumah. Dan taman juga bisa diletakkan di depan, di samping atau di belakang rumah.

Mendesain taman juga ada aturannya dan berbagai jenis dan tipenya seperti mendesain rumah. Ada taman Jepang, dan taman Eropa, taman minimalis, taman kering, taman klasik, taman Bali dan taman Mediterania. Berbagai jenis taman ini mempunyai keindahan dan ciri masing-masing. Biasanya desain taman ini yang dipilih oleh seseorang adalah taman yang sesuai dengan jenis bangunan rumah. Misalnya rumah tipe mediterania, maka taman yang dipilih adalah desain mediterania dengan suatu hiasan. 

Baca Juga : Konsep Rumah Mediterania

Taman Konsep Mediterania


Suatu taman konsep mediterania ini sangat cocok untuk kalian dan konsep taman meditarania ini banyak diminati terutama dikalangan yang ingin memperindah suasana rumahnnya dengan taman baik itu taman depan, samping dan belakang namung saya sarankan supaya berkonsultasi ke sang arsitek dan ahli taman supaya hasil maksimal dan tanah sempit bisa jadi taman dan estetika tamannya pastinnya sangat diperhatikan dan kelengkapan taman harus dipenuhi dan desainnya mediterania dengan hiasan sebagai berikut :

a. Tanaman dan pepohonan

Jenis tanaman yang cocok untuk desain taman mediterania adalah Agave, Yucca, Nolina dan Sikas. Bisa juga menanami dengan tanaman yang mempunyai karakter lebih keras dan mini misalnya kaktus, paku-pakuan, kerokot hias dan rumput yang yang berdaun lebat dan lebih panjang.

b. Batu alam/batu-batu

Batu alam juga memiliki kesan yang cukup dalam untuk desain taman mediterania. Penggunaan batu alam jelas sangat berbeda dari taman-taman lain yang umumnya menggunakan rumput dan tanah. Ada juga beberapa taman mediterania yang menggunakan pasir sebagai elemen estetik yang sekaligus bisa dijadikan alas untuk meletakkan tanaman kaktus diatasnya.

c. Patung

Patung bisa mendukung untuk mendesain taman mediterania. Jika kurang menggemari patung, bisa digantikan dengan pilar kecil layaknya tiang penyangga yang berbentuk bundar memanjang ke atas. Kemudian tiang bisa diberi tanaman diatasnya atau juga melingkar di tiangnya. Namun harus diperhatikan bahwa pilar harus menggunakan warna khas mediterania seperti krem atau kuning kemerahan

d. Kolam dan lampu

Untuk lebih menekankan kesan mediterania, taman bisa diberi kolam dan lampu. Lampu bisa diletakkan di tiap sudut pagar, di tengah taman atau juga di tengah kolam. Dan untuk kolamnya bisa diisikan ikan ikan hias.

Baca Juga : Ciri-Ciri Gaya Arsitektur Mediterania

Jadi taman merupakan sebuah areal yang berisikan komponen material keras dan lunak yang saling mendukung satu sama lainnya yang sengaja direncanakan dan dibuat oleh manusia dalam kegunaanya sebagai tempat penyegar dalam dan luar ruangan. Taman dapat dibagi dalam taman alami dan taman buatan.

Taman jenis ini juga banyak dijumpai di luar negeri,  banyak orang berpikir bahwa mempekerjakan jasa eksterior desain dalam membangun taman akan menguras biaya lebih banyak, pada kenyataannya justru sebaliknya. exterior desainer akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disepakati sejak awal. Jadi tidak ada biaya tidak terduga, biaya kesalahan pembangunan, dan lain sebagainya. exterior desainer menjunjung tinggi profesionalitas.

Sering kali kita lihat, taman lebih banyak dibangun dirumah yang memiliki tanah yang luas, padahal taman juga bisa dibangun untuk memperindah rumah sederhana dengan halaman sempit, itulah salah satu alasan membuat taman harus dibuat langsung oleh ahli taman supaya desain taman tetap bisa diciptakan walaupun halaman sempit.

Taman mediterania yang pada dasarnya masuk dalam klasifikasi konsep taman subtropis, taman ini merupakan inovasi yang di kembangkan dari daerah asalnya yaitu mediterania.taman mediterania yang pada umumnya diaplikasikan pada lahan atau halaman terbuka ( ekspose ). di indonesia penerapan taman mediteranian sering kali di terapkan tanpa dinding penyekat misalnya pagar, hal ini sesungguhnya tidak lain untuk menampilkan dan menguatkan tema yang di bangun oleh taman itu sendiri agar cenderung menyatu dengan rumah dan jalan.

Baca Juga : Definisi Arsitektur Mediterania

Bagi yang rumahnnya sebuah perumahan, atau villa atau sejenisnya yang mempunyai tingkat keamanan yang sangat bagus, maka konsep taman mediterania sangat layak menjadi suatu pilihan anda,kalian, selain sifatnya yang ekspos, juga taman ini terkesan elegant, dan eksotik serta humanis.

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai mendesain dan menerapkan taman mediterania dan ciri-cirinnya dan besera pengertian taman nya dan mungkin kalian harus menerapkan suatu konsep taman yang kalian minati dan bilamana udah ada yang diminati langsung konsultasikan ke arsitek supaya dibuat arsitekturnnya dan atau konsultasikan ke ahli taman walau tidak mengonsultasikannya kalau kalian mampu untuk menata dan menerapkannnya itu juga ga papa tapi saya menyarankan konsultasikan supaya hasil yang maksimal.

Jadi itulah suatu konsep dan desain mediterania mungkin sekian pembahasan dari saya dikesematan ini disambung dilain waktu dan tempat berbeda, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama untuk yang memerlukan dan bilamana ada suatu yang tidak dimengerti dan ada yang ingin ditanyakan bisa tanyakan ke contac yang saya sudah sediakan dan terima kasih kepada kalian yang sudah mengunjungi blog/website saya saya mengucapkan terima kasih, sekian dan saya mohon pamit.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...