√ KONSEP RUMAH MEDITERANIAgedung arsitektur: KONSEP RUMAH MEDITERANIA

Selasa, 15 Oktober 2019

KONSEP RUMAH MEDITERANIA

KONSEP RUMAH MEDITERANIA


Konsep Rumah Mediterania disini saya akan coba membahas tentang rumah yang menurut saya cupup besar dan mewah sekali rumah apa si yaitu rumah mediterania nah rumah ini biasannya kebannyakan dinegara negara tertentu seperti kaya akan pengaruh dari negara spanyol dan italia rumah ini mirip sekali dan hampir sama dan bila dikatakan sama halnnya dengan rumah klasik di indonesia karna begitu megah dan bannyak ornamen yang seperti bunga namung mayoritas diindonesia hannya sedikit yang menggunakan konsep rumah mediterania atau klasik karan biayannya sangatlah cukup mahal.
namung ada perbedaan sedikit antara mediterania italia dan sepanyol dan juga indonesia.

Nah dikali ini saya akan coba memberi tahu apa si ciri-ciri dari konsep rumah mediterania karna ketika kita ga tau ciri-cirinnya dan tidak tau bentuk rumahnnya kan sayang kita ga akan tertarik dan semoga ketika kita tau mulai dari pengertiannya, gambar, fungsi, tujuan dan ciri-cirinnya sampai bahkan macam-macam rumah mediterania dan semoga aja kita dapat membangun atau membeli rumah seperti ini dan semoga aja kalian setelah membaca artikel ini kalian dapat tertarik untuk memiliki rumah mediterania ini.
  • Mediterania
Gaya arsitektur konsep Mediterania bisa banyak kalian terlihat pada model konsep rumah vila di tepi laut, yang biasanya sering dipakai buat liburan dll. Lalu apa yang membuatnya konsep ini menjadi menarik? Diantara langgam desain arsitektur lainnya tentunya.
  • Mari kita lihat perbedaan dari gambar berikut ini :
Karna setiap suatu desain apalgi beda negara itu beda rumah dan materialnnya walaupun sama konsep rumahnnya

Baca Juga : Definisi Arsitektur Mediterania
  • Konsep Rumah Mediterania Italia dan spanyol

Rumah Mediterania kaya akan pengaruh gaya rumah Spanyol dan Italia
  • Sejarahnya
Rumah-rumah Mediterania seperti yang kita kenal sekarang berasal dari gaya arsitektur yang dikenal sebagai kebangkitan Mediterania, dipopulerkan pada tahun 1920-an. Pada masa itu banyak masyarakat kelas atas terobsesi dengan budaya yang menonjolkan kekayaan dan waktu luang, sehingga resor-resor di tepi laut menjadi booming, sebagai tempat yang menawarkan fasilitas untuk mengahabiskan waktu luang tersebut.

Didasarkan pada gaya arsitektur yang dikenal sebagai Kebangkitan Mediterania. Gaya ini bertujuan untuk meniru perasaan berada di sebuah vila Mediterania mewah. Ini menjadi dipopulerkan selama 1920-an ketika obsesi budaya dengan kekayaan dan waktu luang menyebabkan booming di resor tepi laut.

Awalnya gaya Mediterania ini digunakan untuk bangunan publik seperti hotel. Namun pada akhirnya arsitek seperti Addison Mizner dari Florida dan Bertram Goodhue dari California melihat bahwa tata letak rumah Mediterania bisa digunakan untuk desain rumah di pesisir pantai Amerika.

Hingga sekarang pun gaya Mediterania ini masih tetap paling populer untuk desain rumah di daerah pantai saat ini.

  • Konsep mediterania hotel


Rumah Mediterania bisa digolongkan pada sub-tipe rumah yang berbeda
  • Jenis atau tipe rumah Mediterania
Rumah gaya Mediterania dikatakan unik karena mereka mengambil beberapa gaya dari budaya lainnya di wilayah geografis tersebut. Utamanya gaya rumah Italia dan Spanyol.
Dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai perbedaan kedua gaya rumah tersebut.
  • Masa Renaisans Italia (1890-1930)
Gaya rumah Italia yang meresap dalam gaya desain rumah Mediterania adalah yang berasal dari masa Renaisans Italia di abad ke-16. Ciri-cirinya dapat dilihat pada skalanya yang mengesankan serta detail arsitekturnya seperti kolom dan lengkungan bulat.
Konon gaya Renaisans Italia ini juga awalnya meminjam dari periode akhir era Victoria.
Dari berbagai rumah Mediterania yang ada, gaya resapan Renaisans Italia inilah yang paling kaya akan hiasan.
  • Kebangkitan Spanyol (1915-1930)
Gaya rumah Spanyol yang ada pada desain rumah Mediterania adalah arsitektur yang dibawa oleh penjajah Spanyol ke Amerika pada abad ke-16. Pergerakan arsitektur ini sangat populer di daerah pantai yang lebih hangat seperti California dan Florida.
Rumah gaya kebangkiatan Spanyol ini sedikit lebih sederhana daripada serapan rumah Mediterania lainnya. Menampilkan garis-garis yang lebih bersih, serta garis atap bernada rendah yang tampak lebih tebal dan lebih berat.
  • Mediterania Modern
Arsitektur Mediterania modern bebas mengikuti salah satu dari keduanya, entah itu gaya Spanyol atau Italia.
Yang mana keduanya membawa kembali ciri khas desain rumah gaya hidup resor. Rumah-rumah ini biasanya menampilkan denah lantai terbuka, dapur yang luas, diperbarui dan menekankan pola kehidupan pada area luar maupun dalam bangunan.

Baca Juga : Ciri-Ciri Gaya Arsitektur Mediterania

  • Konsep Interior Mediterania


Suasana ruang dalam rumah Mediterania yang menampilkan permainan bentuk
  • Mendefinisikan fitur rumah Mediterania
Secara umum desain rumah Mediterania memiliki fitur-fitur berikut:
  • Fitur eksterior
• Fasad yang luas dan simetris
• Eksterior dengan bahan material semen
• Atap genteng bernada rendah
• Jendela dan pintu melengkung
• Balkon besi tempa dan kisi-kisi jendela
• Taman atau halaman bergaya Eropa
  • Fitur interior
• Satu sampai dua lantai
• Denah lantai persegi panjang
• Langit-langit tinggi
• Penggunaan kayu secara masal dan ubin bermotif
• Dirancang agar angin sepoi-sepoi mengalir melalui rumah

Jadi itulah dari ciri-ciri desain arsitektur konsep mediterania setelah kalian tau dan membaca apakah kalian tertarik tidak untuk memiliki rumah seperti ini, ya pastinnya tertarik dong siapa yang tidak tertarik nah kalian mulai sekarang impikan rumah idaman kalian untuk masa depan anda dan targetkan 10 tahun ke depan saya punnya ruamah konsep mediterania karna sesuatu itu bergaantung dengan niat, usaha, keyakinan dan targetkan supaya apa yang kalian cita-citakan impikan dan harapkan semoga dapat tercapai.

Mungkin dipagi yang cerah ini dari pembahasan ciri-ciri desain konsep mediterania dicukupkan sekian saya sambung dilain waktu  dan semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk yang membutuhkan dan yang membaca semoga dapat mengamalkannya dan mengerjakannya dan terima kasih kepada yang sudah membaca dan yang berkunjung ke website/blog  saya dan saya mohon pamit.

Sumber : gedungarsitek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...