√ UTILITASgedung arsitektur: UTILITAS

Minggu, 24 November 2019

UTILITAS

UTILITAS



Utilitas Adalah : faedah; kegunaan; manfaat. Mungkin Yang dimaksud dengan utility adalah nilai guna suatu barang. Sebagai manusia yang memiliki suatu kebutuhan yang tidak terbatas, sementara sumber daya yang kita miliki sangat terbatas tentu kita akan berfikir bagaimana untuk memaksimalkan sumber daya yang kita miliki tersebut sehingga supaya kita dapat mencapai kepuasan maksimum.

Namun suatu pekerjaan ini bukanlah suatu pekerjaan hal yang sangat mudah, karna hal ini terkait bagaimana cara kita dalam mengelola keuangan, membelanjakan uang yang kita miliki serta membuat daftar prioritas kebutuhan kita. Dan pakailah, kelolalah dan belanjakan uang kita dengan hal sewajarnnya apa yang kita butuhkan dan yang harus diutamakan didahulukan.

Karena tanpa kita sadari terkadang kita menghabiskan uang untuk sesuatu yang kurang berguna, dan tentu hal ini akan menyebabkan kekacauan dalam perekonomian kita, Banyak ahli menyatakan bahwa nilai guna suatu barang utility merupakan suatu ukuran kebahagian konsumen. Besar kecilnya tingkat kepuasan konsumen tergantung pada jumlah barang dan jasa yang mampu dia konsumsi.

Baca Juga : Multi - Utilitas dan Multiguna

Jadi teori ini nilai guna yang digunakan oleh seorang para pakar - pakar ahli untuk mengukur suatu tingkat kepuasan seorang konsumen, begitu semakin tinggi kepuasan yang diterima seorang  konsumen, dan semakin tinggi pula nilai guna suatu barang tersebut.

Dalam ekonomi, utilitas adalah jumlah dari kesenangan atau kepuasan relatif (gratifikasi) yang dicapai. Dengan jumlah ini, seseorang bisa menentukan meningkat atau menurunnya utilitas, dan kemudian menjelaskan kebiasaan ekonomis dalam koridor dari usaha untuk meningkatkan kepuasan seseorang. Unit teoritikal untuk penjumlahan utilitas adalah util.

Doktrin dari utilitarianisme, Melihat maksimalisasi dari utilitas sebagai kriteria moral untuk organisasi dalam masyarakat. Menurut para utilitarian, seperti Jeremy Bentham (1748-1832) dan John Stuart Mill (1806-1876), masyarakat harus bertujuan untuk memaksimalisasikan jumlah utilitas dari individual, bertujuan untuk "kebahagiaan terbesar untuk jumlah terbesar".

Dalam ekonomi neoklasik, rasionalitas didefinisikan secara tepat dalam istilah dari kebiasaan maksimalisasi utilitas di bawah keadaan ekonomi tertentu. Sebagai kebiasaan usaha hipotetikal, utilitas tidak membutuhkan adanya keadaan mental seperti 
"kebahagiaan", "kepuasan", dan lain - lain.

Baca Juga : Pentingnnya Utilitas Dalam Gedung ( Building Utilitas )

Utilitas digunakan oleh ekonom dalam konstruksi sebagai kurva indiferen, yang berperan sebagai kombinasi dari komoditas yang dibutuhkan oleh individu atau masyarakat untuk mempertahankan tingkat kepuasan. Utilitas individu dan utilitas masyarakat bisa dibuat sebagai variabel tetap dari fungsi utilitas (contohnya seperti peta kurva indiferen) dan fungsi kesejahteraan sosial. 

Ketika dipasangkan dengan komoditas atau produksi, fungsi ini bisa mewakilkan suatu efisiensi Pareto, yang digambarkan oleh kotak Edgeworth dan kurva kontrak. Efisiensi ini merupakan suatu konsep utama ekonomi kesejahteraan. 

Utilitas adalah tingkat kepuasan yang diperoleh seorang individu dari mengkonsumsi suatu barang atau melakukan suatu aktivitas. Dalam analisis ekonomi, utilitas sering digunakan untuk menggambarkan urutan preferensi sekelompok barang, contohnya seorang konsumen bernama Sitorus merasa lebih puas membeli 3 buah buku fiksi ilmiah jika dibandingkan dengan membeli sehelai kemeja, 

Karna hal ini berarti suatu buku-buku tersebut memberikan utilitas yang lebih sangat besar dibandingkan dengan kemeja yang tadi. Dan Fungsi dari utilitas dapat ditunjukkan dengan sekumpulan kurva indiferensi, yang masing-masing mempunyai suatu indikator numerik.  

Baca Juga : Utilitas Bangunan 

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai tentang utilitas sebagimna saya udah bahas di atas dengan begitu sangat rinci dan sangat simple dan tentunnya sangat mudah dipahami oleh siapa saja yang membacannya dan siapa saja yang ingin memahaminnya karna saya beri tahu utilitas itu faedah, kegunaan, manfaat tetapi kita harus bisa membedakannya karna utilitas itu banyak.

seperti kita mencari utilitas dalam arsitektur ya akan muncul utilitas arsitektur untuk bangunan tinggi dan sebaliknnya ketika kita mencari utilitas yang lain maka beda juga utilitasnnya tetapi dalam utilitasmungkin saja berbeda namung dalam arti utilitas ya itu faedah, manfaat, kegunaan, kepuasan atau multi fungsi dan pelengkap tetapi kegunaan nnya mungkin berbeda - beda.

Nah mungkin hannya ini yang dapat sampaikan dikesempatan ini dan saya akan lanjut pembahasannya dilain waktu dan sebagaimana saya bahas disini itu dengan sepengetahuan saya dan dari referensi - referensi yang lain dan sebagaimna guru dan para ahli mengatakan kepada saya dan saya mengucapkan terima kasih kepada kalian yang sudah berkunjung ke website/blog saya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...