√ MENGENAL JENIS - JENIS MATERIAL KAYUgedung arsitektur: MENGENAL JENIS - JENIS MATERIAL KAYU

Sabtu, 30 November 2019

MENGENAL JENIS - JENIS MATERIAL KAYU

MENGENAL JENIS - JENIS MATERIAL KAYU

Mengenal Jenis-Jenis Material Kayu, sebuah kayu atau pepohonnan yang batangnya begitu sangat keras, dan bagian dari sebuah batangnnya mungkin ada yang bercabang, dan berdahan, serta sebagainya, Namung pokok dari sebuah kayu yang sangat begitu keras mungkin sebuah kayu ini yang biasa dipakai untuk sebuah bahan bangunan, dan untuk segala kebutuhan sebuah rumah, dan sebagainya.

Kayu yaitu sebuah bagian batang, dan bercabang, atau ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami sebuah lignifikasi atau pengayuan. Mungkin kayu biasanya digunakan untuk berbagai sebuah macam keperluan rumah kita atau yang lainnya, mulai dari memasak, membuat sebuah perabot meja dan kursi, bahan bangunan pintu, jendela, rangka atap, bahan kertas, mungkin dan yang lainnya.

Karna kayu juga merupakan sebuah salah satu material konstruksi yang sudah begitu lama digunakan pada sebuah bangunan, mungkin baik itu untuk sebuah  bangunan rumah yang sederhana hingga bangunan yang bertingkat yang sangat mewah. Dan ada beberapa sebuah keuntungan dari penggunaan sebuah material kayu untuk bahan bangunan. 

Dan bilamana suatu kayu dapat digunakan sebagai kusen atau furniture, batang jendela, penyangga kaca, dan yang lainnya. Di Negara Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki berbagai macam kayu yang sangat bagus dan yang sangat berkualitas yang bisa digunakan untuk sebuah material bahan bangunan.

Baca Juga : Mengenal Material Kusen Pintu Yang Tahan Lama


Jenis-Jenis Mebel Kayu untuk Bangunan

Mungkin kalian juga tidak asing terhadap suatu pohon atau mebel dan kayu namung seluruh kayu yang ada didunia atau di suatu negara itu sangat bermacam -macam jutaan bahkan ratus juta sampai tak terhingga namannya, nah disini ada beberapa jenis material kayu sebagai berikut :

1. Kayu Jati

Karna kayu jati sangat begitu terkenal dan sudah menjadi familiar akan sebuah keindahannya, serta kekuatan dan kestabilannya. Mungkin kayu jati ini menjadi suatu pilihan utama yang dijadikan dalam material sebuah bangunan. Namung kayu jati juga sangat tahan terhadap sebuah jamur, rayap, dan serangga dan yang lainnya, sehingga sebuah kayu jati sangat dicari dan berharga sangat mahal.

2. Kayu Merbau

Kayu merbau teksturnnya yang begitu cukup keras dan stabil menjadikan sebuah kayu merbau sebagai alternatif dan  pengganti kayu jati. Mungkin kayu ini sangat begitu cocok untuk dijadikan sebuah penyangga dan tiang atap sebuah rumah. Namung kayu ini juga tergolong sangat begitu mahal karena nyaris tidak memiliki suatu kelemahan. Kayu merbau biasanya di finishing dengan melamin warna yang begitu sangat gelap.

3. Kayu Kamper

Kayu yang satu ini memiliki sebuah aroma ciri khas sehingga dinamai dengan kayu kamper. Mungkin kelebihan dari sebuah kayu ini yaitu kuat terhadap serangga dan lebih ringan dibandingkan dengan kayu jati. Dan harganya juga begitu relatif lebih terjangkau dengan serat kayu yang halus dan begitu indah. Dan biasanya kayu kamper ini dijadikan bahan untuk membuat sebuah pintu dan jendela dalam ukuran yang standar.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Furnitur kayu

4. Kayu Bangkirai

Sebuah kayu bangkirai ini mungkin termasuk dalam sebuah golongan kayu yang begitu cukup kuat dan sangat awet. Namung kayu ini sering digunakan sebagai suatu material sebuah konstruksi yang begitu  berat seperti atap. Namung sebuah kayu bangkirai juga tahan terhadap suatu cuaca sehingga sangat begitu cocok digunakan pada area eksterior.

5. Kayu Kelapa

Nah kayu ini yaitu sebuah kayu kelapa yang bisa digunakan yaitu yang sudah sampai berumur 60 tahun ke atas, an yang masih bertahun - tahun aja bisa namung kekuatannya tidak semaksimal yang 60 tahun. Dan yang sudah tidak menghasilkan buah lagi sehingga harus ditebang dan diganti dengan sebuah pohon yang baru. Kayu kelapa mudah dijadikan sebuah balok sehingga cocok untuk digunakan sebagai tiang penyangga sebuah atap rumah.

6. Kayu Meranti Merah

Kayu meranti merah ini mungkin terbagi menjadi beberapa katagori yaitu sebuah kayu meranti merah tua dan meranti merah muda. Namung keduanya sama-sama aja dan bagus untuk dijadikan sebagai material sebuah bangunan. Namung kayu ini cukup sangat begitu peka terhadap suatu cuaca sehingga kurang bagus digunakan untuk  luar ruangan atau juga bisa dikatakan eksterior. 

# Kelebihan Kayu

Mudah dalam pengerjaan, bisa dibuat atau dibentuk sesuai keinginan
Mudah untuk dipaku, dibaut, dan direkatkan
Mudah didapat, karena di Indonesia masih banyak tersedia dan ketersediaannya bisa didaur ulang lagi dengan reboisasi
Jenis kayu solid awet dan tahan lama
Harganya relatif murah dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya
Kekuatan kayu cukup tinggi dan ringan
Daya tahan terhadap listrik dan bahan kimia cukup baik
Dapat kedap suara
Jenis kayu tertentu mempunyai tekstur yang indah sehingga memiliki nilai lebih untuk dijadikan elemen dekorasi

Baca Juga : Tips Merawat Furniture Kayu Pinus 

# Kekurangan Kayu

Bersifat kurang homogen
Mudah terpengaruh oleh iklim
Terdapat cacat bawaan dan cacat alam, seperti mata kayu dan pecah-pecah
Kerusakan dapat terjadi pada kelembaban yang tinggi
Mudah terserang jamur dan serangga, seperti rayap
Tidak tahan api, sehingga kayu mudah terbakar, apalagi kalau dalam kondisi kering

Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai sebuah kayu dan mengenal jenis-jenis material kayu denganbegitu sangat simple, ringkes, renyah dan tenntunnya sangat mudah untuk dipahami dan sangat gampang mengingatnnya dan saya akan lanjut kepembahasan berikutnnya dan sebagaimna saya mengatakan dan menulis artikel ini sebagaimana para ahli mebel dan para guru mengatakan dan mengajarkan kepada saya.

Mungkin sekian dulu pembahasan dari sayadilanjut dilain waktu dan semoga apa yang saya posting dan update ini dapat membantu kalian yang membutuhkan dan semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat untuk sekarang dan hari esok dan kepada kalian semua yang sudah membaca dan yang sudah mengunjungi sebuah website/blog saya, saya sangat begitu senang dan saya mengucapkan terima kasih.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...