√ MACAM - MACAM PERENCANAAN ( PLANING )gedung arsitektur: MACAM - MACAM PERENCANAAN ( PLANING )

Sabtu, 23 November 2019

MACAM - MACAM PERENCANAAN ( PLANING )

MACAM - MACAM PERENCANAAN ( PLANING )



Macam - Macam Perencanaan ( Planing ), Perencanaan adalah yaitu suatu proses dan Proses perencanaan merupakan suatu rangkaian urutan rasional di dalam penyusunan suatu rencana. Dalam perencanaan, input merupakan data - data atau informasi, output merupakan produk perencanaan atau rencana, sedangkan proses atau analisis merupakan keterkaitan data atau informasi untuk menghasilkan produk rencana. Proses mempunyai sifat-sifat sebagai berikut : 

- Dapat disesuaikan dengan tujuan -Dapat disesuaikan dengan keterbatasan yang ada 
- Dapat dikembangkan sesuai dengan teknik dan kebutuhan tertentu

Karna suatu Perencanaan Sebagai Suatu Kegiatan Dasar Manusia. Dan Kadang Banyak orang - orang yang memandang suatu perencanaan sebagai suatu kegiatan dasar yang terkandung dalam tingkah laku manusia pada semua tingkatan - tingkatan  masyarakat. Dalam pandangan ini :

Tukang kayu membuat suatu rencana di saat ia mengangkat palunya untuk memukul paku. Seirang pengusaha melakukan perencanaan di saat ia mendengarkan laporan cuaca untuk memutuskan akan membawa payung ke kantor atau tidak. Pengemudi kendaraan pool juga melakukan perencanaan dalam menyusun rencana untuk menentukan urutan dalam menyembut penumpang-penumpangnya. Jelas bahwa masih banyak bentuk-bentuk perencanaan yang kompleks dalam rumah-rumah tangga, perusahaan maupun organisasi.

Baca Juga : Definisi Perencanaan Bangunan

Karna suatu Perencanaan Sebagai Pengendali suatu Tindakan Masa Depan.  Definisi ini mengandung suatu reaksi yang berlebihan terhadap kesempitan definisi yang terdahulu. Namun definisi ini mengartikan bahwa tidak ada suatu perencanaan yang prosesnya tidak mencakup suatu pelaksanaan.


Macam - Macam Perencanaan ( Planing )



Macam - Macam Perencanaan karna perencanaan itu ada beberapa katagori dan perencanaan ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis perbedaan, tergantung dari mana kita melihatnya, mau dari segi kegunaannya, dari segi bentuknnya, dari jangka waktu pelaksanaanya, dari sudut kawasan atau wilayah pelaksanaannya.

• Apabila ditinjau dari segi kegunaannya, suatu rencana dapat dibedakan menjadi :

1. Single use plan, yaitu suatu rencana yang hanya dipakai sekali saja. 
2. Standing plan, yaitu suatu rencana yang dapat dipakai berulang kali.

• Apabila ditinjau dari segi bentuknya, suatu rencana dapat dibedakan menjadi :

1. Rencana pisik, adalah rencana yang memuat secara garis besar dari pada suatu kebijaksanaan.

2. Rencana kerja, yaitu suatu rencana yang memuat deskipsi secara detail dari suatu kebijaksanaan. 

Rencana ini biasanya dibuat mengikuti suatu rencana pisik, dengan tujuan untuk memberi penjelasan secara sangat terperinci dan sangat detail dari rencana pisik. Karena tujuan dan sifatnya itulah untuk suatu rencana jenis ini sangat lazim disebut pula dengan "detail plan".

Baca Juga : Teori Dasar Perencanaan Teknik Sipil

Apabila dilihat dari segi jangka waktu pelaksanaannya, rencana dapat digolongkan menjadi :

1. Rencana jangka pendek, yaitu rencana yang jangka waktu pelaksanaannya maksimum 5 tahun.

2. Rencana jangka menengah, adalah rencana yang jangka waktu pelaksanaannya antara 5-15 tahun.

3. Rencana jangka panjang, yaitu rencana yang jangka waktu pelaksanaannya di atas 15 tahun.

• Apabila ditinjau dari sudut kawasan atau wilayah pelaksanaannya, suatu rencana dapat dibagi menjadi :

1. Rural plan, yaitu rencana untuk sesuatu desa.
2. City plan, yaitu rencana untuk sesuatu kota.
3. Regional plan, adalah rencana untuk sesuatu daerah.
4. National  plan, adalah  rencana  untuk  tingkat  nasional (negara). 


Rencana Perencanaan ( Planing )


Rencana atau plan adalah suatu dokumen yang digunakan sebagai skema untuk mencapai suatu tujuan. Dan Rencana biasanya mencakup alokasi sumber daya, jadwal, dan tindakan-tindakan penting lainnya. Rencana dibagi berdasarkan cakupan, jangka waktu, kekhususan, dan frekuensi penggunaannya.

Berdasarkan suatu cakupannya, rencana dapat dibagi menjadi rencana strategis dan rencana operasional. Oleh karna itu rencana strategis adalah suatu rencana umum yang berlaku diseluruh lapisan organisasi sedangkan rencana operasional adalah suatu rencana yang mengatur kegiatan sehari-hari anggota organisasi.

Baca Juga : Elemen Perencanaan

Berdasarkan jangka waktunya, suatu rencana dapat dibagi menjadi rencana jangka panjang dan rencana jangka pendek. Rencana jangka panjang umumnya didefinisikan sebagai rencana dengan jangka waktu tiga tahun, rencana jangka pendek adalah rencana yang memiliki jangka waktu satu tahun. Sementara rencana yang berada di antara keduanya dikatakan memiliki intermediate time frame.

Jadi itulah macam - macam perencanaan ( planing ) sebagaimana saya tulis dengan begitu ringkas dan sangat simple tentunnya sangat mudah untuk dipahami dan bilamana ada yang keliru dengan tulisan saya mohon maaf dan mohon untuk membantu saya meluruskan dan membenarkannya dan yang saya tulis ini sebagai mana saya mendengarkan dari para guru dan para ahli dibidang perencanaan.

Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya walaupun banyak kekurangan mungkin dari tulisan, bentuk dan tata letak tulisan walupun begitu semoga apa yang saya tulis ini dapat membantu kalian yang membutuhkan dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan saya mengucapkan terima kasih kepada kalian yang sudah berkunjung ke website/blog saya dan sampai jumpa dipembahasan berikutnnya.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...