√ JENIS - JENIS KAYU UNTUK FURNITURE ATAU MEBELgedung arsitektur: JENIS - JENIS KAYU UNTUK FURNITURE ATAU MEBEL

Selasa, 26 November 2019

JENIS - JENIS KAYU UNTUK FURNITURE ATAU MEBEL

Oleh Atep Ridwan Diposting Pada November 27, 2019

JENIS - JENIS KAYU UNTUK FURNITURE ATAU MEBEL

Jenis - Jenis Kayu Untuk Furniture Atau Mebel, nih kalian yang hobi kayu dan yang sekarang baru nikah baru atau yang sudah lama menjalin rumah tangga kalian harus tahu tentang macam - macam dan jenis-jenis kayu yang paling bagus untuk dipakai sebagai bahan furniture atau mebel. Supaya dirumah kalian dipasang furniture yang indah dan tentunnya aman dan nyaman yang pastinnya tahan lama.

Mebel atau furnitur adalah yaitu suatu perlengkapan rumah yang mencakup semua barang seperti kursi, meja, dan lemari, rak dan sebagainnya. Mebel berasal dari kata movable, yang artinya bisa bergerak. Pada zaman dahulu meja kursi dan lemari relatif mudah digerakkan dari batu besar, tembok, dan atap. Namung kalian jangan salah pilih supaya aman, nyaman dan kualitasnnya bagus.

Arti dari kata Mebel atau Furniture menurut kamus besar bahasa Indonesia mebel yaitu suatu perabot yang diperlukan, berguna, atau disukai, seperti  suatu barang atau benda yang dapat dipindah-pindah, digunakan untuk melengkapi suatu rumah, kantor, dan apartemen, sekolah, bangunan umum, sebagainya; furnitur.

Furniture masuk ke dalam bahasa inggris atau english yaitu bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada abad pertengahan awal, dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Furniture berarti mebel, perkakas atau perabot rumah, meja, kursi, lemari, rak buku, meja gambar, meja tulis dan yang lainnya yang disebut pelengkap rumah.

Baca Juga : Pengertian Mebel Dan Furniture

Karna bahan kayu solid pada awalnya diminati untuk dijadikan suatu produk furniture atau mebel di rumah. Alasannya cukup mudah dan begitu sederhana, selain tahan lama atau awet, material kayu solid memiliki kapasitas untuk menampung beban yang lebih dari bahan kayu lainnya.

Namung tetapi semakin berkembangnnya teknologi yang begitu canggih dan begitu pesat dan jaman semakin maju akhirnnya kayu tidak sering dipakai melainkan sekarang memakai alumunium, baja, besi, kaca, dan yang lainnya namung walaupun begitu kamu harus tahu semakin sulit dicari semakin mahal dan begitu juga kayu juga jadi barang antik dan tentunnya dengan ukiran yang menakjubkan.


Jenis - Jenis Kayu Untuk Furniture atau Mebel

Bahan baku kayu solid memang banyak diminati karena merupakan bahan yang paling kuat untuk menampung beban dan ketahanannya lama jika kita bandingkan dengan kayu olahan. Selain secara tampilan kayu solid lebih indah, kayu solid juga bisa dibongkar pasang berkali-kali sehingga tidak sedikit produk furniture yang diekspor ke luar negeri.

Maka dari ituh jenis kayu solid apakah yang paling banyak diminati oleh kalian atau untuk kebutuhan furniture. Nah, berikut saya akan berikan pencerahan dan daftaran, 7 jenis kayu untuk furniture sebagai berikut :

1. Kayu Jati

Kayu Jati bisa kami bilang merupakan kayu premium yang berasal dari hutan tropis di Asia Tenggara sehingga banyak digunakan oleh penggiat hobi kayu atau pengrajin kayu baik untuk produk interior – dalam ruangan ataupun eksterior – luar ruangan.

# Karakter Kayu Jati

Karakter kayu jati memiliki lapisan minyak pada galih kayunya yang tahan air, yang membuat kayu jati tampak selalu bersinar dan tahan dalam rentang waktu yang lama
Berwarna coklat kemerahan, bila terkena sinar matahari berubah menjadi coklat muda
Anti bakteri, tidak mudah lapuk
Perawatannya mudah
Serat kayu jati tebal, sehingga memudahkan pengerjaan furniture
Tahan terhadap benturan

Baca Juga : Mebel Atau Furnniture

2. Kayu Mahoni

Kayu Mahoni dalam wujud utuh atau gelondongan harganya lebih murah jika dibanding kayu jati. Akan menjadi kebalikannya ketika sudah diolah menjadi furniture, produk furniture harga kayu mahoni lebih mahal dibanding kayu jati.

# Karakter Kayu Mahoni

Serat dan pori-pori halus
Warna merah kecoklatan

3. Kayu Nyatoh

Kayu Nyatoh juga merupakan salah satu kayu yang paling banyak diminati pengrajin kayu untuk produk furniture atau mebel pada umumnya. Kayu ini banyak terdapat atau tumbuh di propinsi Riau di pulau Sumatera.

# Karakter Kayu Nyatoh

Serat lurus
• Licin
Tekstur halus seperti kayu jati
Warna merah kecoklatan
Awet, tahan terhadap serangan rayap

4. Kayu Pinus untuk Furniture

Kayu Pinus sangat diminati untuk dijadikan bahan baku produk furniture atau mebel karena selain kayu pinus sangat mudah didapatkan – persediaan banyak, harga kayu pinus pun menurut kami juga sangat sangat terjangkau.

# Karakter Kayu Pinus

Warna cerah
Serat halus
Mudah terserang jamur
Lunak

5. Kayu Sungkai

Kayu Sungkai banyak dilirik sebagai alternatif kayu jati yang harganya premium. Jika Anda mengunjungi beberapa gerai kuliner semarang, rata-rata desain nya dibuat dari kayu sungkai. Karena selain memiliki warna yang lebih terang, kayu sungkai juga cocok untuk furniture atau mebel yang berada di dalam ruangan – interior.
Karakter Kayu Pinus

6. Kayu Cedar


Kayu Cedar banyak dikenal dengan nama Aras yang berasal dari kawasan Mediterania atau Himalaya. Kayu ini memiliki ciri khas daun yang sangat runcing dan hijau sepanjang tahun. Di pasar, kayu cedar banyak dipakai sebagai bahan baku untuk produk lemari pakaian dan sepatu.

Baca Juga :Tips Merawat Furniture Atau Mebel Bahan Kayu


# Karakter Kayu Cedar


Tahan cuaca dingin dan hujan
Kelembabannya cukup baik untuk furniture
Tidak mudah membusuk
Memilik aroma yang segar
Tahan terhadap rayap dan serangga
Memiliki kandungan resin untuk menyerap kelembaban dan bau

7. Kayu Ramin

Kayu Ramin banyak terdapat di pulau Sumatera dan Kalimantan. Banyak digunakan tidak hanya untuk produk-produk furniture tetapi juga moulding, bingkai, veneer dan tentunya masih banyak lagi.

# Karakter Kayu Ramin

Warna kekuningan
Teksturnya cenderung halus dan rata
Mudah dipakai dalam proses pengerjaan furniture

Jadi itulah pembahasan kali ini yang begitu cerah dan bahagia ini mengenai jenis - jenis kayu untuk furniture atau mebel takutnnya kalian yang baru awam mengenal kayu takut salah dalam memilih furnitur rumah dan saya disini memberi sedikit pencerahan supaya kalian ga salah pilih  dan kalian harus tahu mebel furniture kayu sekarang sudah menjadi barang antik.

Nah mungkin sekian dulu pembahasan kali ini dan kita lanjut dialin waktu dan semoga aja apa yang saya tulis ini dapat membantu kalian dan semoga aja artikel ini dapat bermanfaat kepada siapa saja yang membutuhkan dan siapa saja kepada kalian yang sudah membaca dan mengunjungi artikel dan website/blog saya, saya mengucapkan terima kasih kepada kalian.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...