√ JENIS-JENIS PRODUKgedung arsitektur: JENIS-JENIS PRODUK

Minggu, 15 September 2019

JENIS-JENIS PRODUK

JENIS-JENIS PRODUK

Produk adalah hasil proses produksi yang dilakukan oleh produsen atau perusahaan yang nantinya akan dijual kepada konsumen yang membutuhkan. Sebagian besar pendapatan suatu perusahaan berasal dari produk yang dijualnya kepada para konsumen, konsumen akan membeli produk tersebut untuk keperluannya sehari-hari, maupun untuk memenuhi kepuasannya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang berpendapat bahwa konsumen lebih menyukai produk yang harganya relatif murah tapi memiliki kualitas yang baik.

Jenis-jenis produk yang dijual dipasaran sangatlah beraneka ragam, dalam pengelompokannya disusun berdasarkan klarifikasi sebagai berikut;

1. Jenis produk menurut sifat/intensitas kebutuhan pemakainnya:

a. Produk primer : produk utama yang dibutuhkan masyarakat, seperti rumah, makanan, dan pakaian.
b. Produk skunder (penujang) produk penunjang kehidupan ,masyarakat agar lebih baik, seperti jasa pendidikan, produk kesehatan, telepon genggam (HP), computer, radio, telivisi dll.
c. Produk tertiter : produk kebutuhan pelengkap yang sifatnnya mewah, seperti: mobil mewah, rumah mewah, home-teather, dll

2. Jenis produk berdasarkan tujuan pemakainnya:

a. Shhoping goods : memerlukan pertimbangan kualitas, harga, gaya kemasan, dan jenis.
b. Convinience goods : bersifat mudah dicari bila diperlukan setiap saat dan tersedia ditoko terdekat.
c. Speciality goods : kebutuhan konsumen yang membutuhkan layanan khusus dan terdapat di took teertentu.
d. UNsough goods : barang yang tidak dicari dan pemasarannya dengan mendatangi konsumen.

3. Jenis produk berdasarkan fungsinnya:

a. Level pertama adalah core product yaitu suatu produk yang fungsinnya merupakan alas an dasar konsumen untuk membelinnya. Contoh sederhan adalah pemakain, fungsinnya dasarnnya untuk melindungi tubuh manusia.
b. Actual Product adalah fitur-fitur yang ada pada produk untuk menambah nilainnya. Missal desain yang menarik, nama merk, dan kemasan.
c. Augmented product adalah tambahan manfaat-manfaat yang tidak terpikirkan oleh konsumen tapi akan memberi kepuasan bagi mereka, seperti garansi.
4. Jenis produk berdasarkan motovasi pembeli dan penggunannya:
a. Consumer goods : barang yang dibeli untuk langsung dihabiskan.
b. Industrial goods : barang ( bahan baku) atou bahan mentah yang dibeli untuk diolah enjadi barang jadi atou barang setengah jadi.
c. Business goods : bahan yang dibeli untuk dijual kembali, dikombinasikan dengan barang lain, dibuat inovatif dan mencirikan perusahaan penjual.

Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...