√ ARSITEKTUR TRADISIONAL ADAT JAWAgedung arsitektur: ARSITEKTUR TRADISIONAL ADAT JAWA

Kamis, 02 Januari 2020

ARSITEKTUR TRADISIONAL ADAT JAWA

ARSITEKTUR TRADISIONAL  ADAT JAWA

Arsitektur Tradisional Adat Jawa sebagaimana yang sudah kalian ketahui bahwasannya terutama didaerah jawa ini memiliki sebuah rumah atau sebuah hunian yang sangat unik dan banyak orang mengatakannya dengan sebuatan rumah adat jawa. Karna rumah ini sering dipakai orang jawa sebagai upacara adat dan acara- acara lainnya yang berkaitan dengan adat jawa tersebut.

Rumah arsitektur tradisional Jawa atau juga kalian semua biasa menyebutnnya dengan sebutan sebagai omah adat Jawa. Dan mengacu pada sebuah rumah-rumah tradisional di pulau Jawa, terutama di Indonesia. Karna sebuah arsitektur rumah Jawa ditandai dengan adanya sebuah aturan hierarki yang dominan seperti yang tercermin pada sebuah bentuk atap rumahnnya yang seperti perahu. 

Sebagaimana sebuah rumah tradisional Jawa memiliki tata letak yang begitu sangat mirip antara satu dengan lainnya. Namung tetapi sebuah bentuk atap ditentukan pada status sosial dan ekonomi dari pemilik rumah tersebut. Dan sebuah arsitektur tradisional rumah Jawa banyak dipengaruhi oleh suatu arsitektur kolonial Belanda di Indonesia dan juga sangat berkontribusi pada sebuah perkembangan arsitektur modern di Indonesia mungkin pada abad ke-20 an.


                             Rumah Joglo (Sumber: www.wovgo.com)

# Arsitektur Sejarahnya

Karna kebanyakan orang jawa memiliki kekerabatan yang begitu sangat dekat dengan sebuah bangsa austronesia. Dan sebuah Relief di Candi Borobudur yang dibangun pada tahun abad ke-9, dan juga menunjukkan bahwa sebuah rumah Jawa merupakan suatu pola dasar dari rumah Austronesia. Karna kedatangan orang - orang Eropa pada abad 16 dan 17 memperkenalkan sebuah batu dan batu bata dalam konstruksi sebuah rumah, yang banyak digunakan seseorang terutama oleh orang-orang kaya. 

Baca Juga : Rumah Tradisional Minangkabau


Dari bentuk rumah tradisional Jawa mungkin juga mulai mempengaruhi sebuah perkembangan arsitektur Kolonial Belanda di Indonesia. Pada awal abad ke 19 an, dan rumah Hindia Belanda dibuat menyerupai sebuah rumah Jawa karena bentuk rumah yang mampu melawan sebuah panas tropis dan hujan yang begitu sangat lebat, namun tetap mampu mengalirkan suatu dan sebuah udara di bagian dalam rumah.


                            Rumah Limasan dengan gaya Kontemporer (Sumber: pinterest.com)

# Hierarki Atap Rumah


Karna sebagaimana yang telah ditetapkannya dengan sebuah struktur masyarakat jawa yang yang sudah melekat dengan sebuah teradisinnya. Karna rumah -rumah tradisional Jawa diklasifikasikan menurut beberapa bentuk atap mereka ditinjau dan dilihat serta diteliti dari yang terendah sampai ke yang tertinggi, yaitu sebuah Kampung, Limasan, serta Joglo.



                      Contoh model rumah kampung (Sumber: gambarrumahideal.blogspot.co.id)

  • Rumah Kampung
Dan sebuah Rumah Kampung serta yang rumah ini terutama atap rumah Kampung diidentifikasikan sebagai sebuah rumah dari rakyat biasa. Namun secara struktural, atap Kampung yaitu sebuah atap yang paling sederhana.


Sedangkan atap puncak rumah Kampung bersandar pada sebuah empat tiang tengah dan ditunjang oleh dua lapis tiang pengikat. Serta bubungan atap didukung penyangga dengan sebuah sumbu Utara-Selatan yang khas. Dan struktur ini dapat diperbesar dengan melebarkan sebuah atap dari bagian atap yang ada pada strukturnnya.


                            Rumah Limasan (Sumber: www.jualrumahlimasan.com)
  • Rumah Limasan
Nah Rumah Limasan ini dengan sebuah Atap Limasan yang digunakan untuk rumah-rumah keluarga Jawa yang memiliki status yang sangat lebih tinggi. Namun dari jenis rumah ini yaitu sebuah jenis yang paling umum untuk rumah Jawa. Dengan sebuah denah dasar empat tiang rumah diperluas serta menambah sepasang dari sebuah tiang di salah satu ujung atap.


                                           Rumah Joglo (Sumber: purevillatravel.com)
  • Rumah Joglo
Sedangakan rumah joglo ditinjau dari sebuah Atap Joglo yaitu sebuah bentuk atap yang paling khas dan mungkin masih dibilang paling rumit.  Dan Atap joglo ini dikaitkan dengan sebuah tempat tinggal bangsawan (Keraton, kediaman resmi, bangunan pemerintah, dan rumah bangsawan Jawa atau nigrat). Namun pada saat ini yang memilikinnya tidak lagi terbatas pada sebuah keluarga bangsawan, namung tetapi siapa saja yang memiliki cukup dana untuk membangunnya. Dan untuk mendirikan atau untuk membangun sebuah rumah Joglo dibutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan juga bisa dibilang lebih mahal.

Baca Juga : Ciri-Ciri Desain Futuristik

Sedangkan sebuah Atap Joglo memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya terutama dari 2 jenis atapnna. Karna Atap utamannya begitu sangat lebih curam, sementara bubungan atap tidak sepanjang rumah Limasan. Sedangkan di empat tiang utama yang mendukung sebuah atap di atasnya terdapat sebuah susunan yang sangat khas berupa tiang-tiang berlapis yang diartikan sebagai suatu tumpang sari. 


Karna selain itu sebuah joglo bilamana terjadi sebuah kerusakan terutama  proses perbaikan tidak boleh mengubah bentuk asal mulannnya. Karna orang-orang jawa sangat begitu percaya dan menghormatinnya bilamana mereka melanggar  aturan ini akan menimbulkan sebuah pengaruh yang kurang baik terutama pada penghuni rumah.



Layout dari kompleks rumah tradisional Jawa. Ket: 1. lawang pintu 2. pendopo 3. peringgitan 4. emperan 5. dalem 6. senthong 7. gandok 8. dapur (Sumber: www.wikiwand.com)
  • Bangunan rumah
Karna rumah ini begitu sangat tidak berbeda dengan sebuah rumah tradisional Bali, rumah Jawa ini biasanya juga dibangun dalam suatu kompleks berdinding. Sedangkan ditinjau dari sebuah bahannya untuk sebuah dinding pelindung kompleks rumah dibuat dari batu untuk rumah orang kaya, atau terbuat dari bambu dan kayu.


Dan Rumah tradisional terutama orang Jawa yang begitu sangat ideal serta yang terdiri atas tiga bangunan utama, yaitu sebuah omah, pendapa, dan peringgitan.
                            Pendopo rumah Joglo (Sumber: www.boombastis.com)
  • Pendopo
Sebuah Pendopo atau juga bisa disebuat pendapa yaitu sebuah paviliun yang terletak di bagian depan kompleks. Karna tempat ini digunakan untuk menerima sebuah tamu, pertemuan sosial, atau pertunjukan ritual. Dan sebuah pendopo ini menggunakan atap joglo serta hanya terdapat di kompleks rumah orang kaya. Namun di beberapa daerah perkotaan yang padat, dinding batu biasanya akan didirikan di sekitar pendopo saja.


                            Pringgitan (Sumber: jejakbocahilang.wordpress.com)
  • Pringgitan 
Sebuah Pringgitan yaitu sebuah ruang yang menghubungkan antara pendopo dengan omah. Dan Peringitan merupakan sebuah tempat untuk ringgit, yang memiliki sebuah arti wayang atau bermain wayang. Dan Pringgitan ini memiliki sebuah bentuk atap kampung atau limasan.


                                          Teras di Omah Adat Jawa (Sumber: i0.wp.com)
  • Omah
Omah yaitu  sebuah rumah utama. Sedangkan sebuah kata omah berasal dari Austronesia yang berarti “rumah”. Omah biasanya memiliki tata letak persegi atau persegi panjang dengan sebuah lantai yang ditinggikan. Sedangkan bagian tengah omah menggunakan bentuk atap limasan atau joglo. Dan sebuah daerah di bawah atap dibagi serta oleh bilah-bilah dinding menjadi sebuah daerah dalam dan luar.


                            Interior rumah joglo (Sumber: pinterest.com)
  • Dalem
Sebuah Dalem yaitu suatu bangunan yang tertutup dan dibagi lagi sepanjang poros Utara dan Selatan menjadi daerah-daerah yang begitu sangat berbeda. Namun pada sebuah model rumah kampung dan limasan, pembagian ini digunakan untuk membedakan antara bagian depan dan bagian belakang. Dan pada sebuah rumah joglo terdapat tiga pembagian yang lebih sangat dan dibilang rumit, yaitu antara depan, tengah, dan belakang.

Baca Juga :

Sedangkan Bagian Timur depan dalem yaitu sebuah tempat berlangsungnya kegiatan semua anggota keluarga dan tempat semua anggota keluarga tidur pada sebuah ranjang bambu. Dan bilamana sebelum pubertas anak-anak, terutama bagian tengah dalem rumah joglo ditegaskan oleh empat tiang pokok. Namun pada saat ini, sebuah bagian itu tidak lagi memiliki kegunaan khusus. Dan secara tradisional daerah ini merupakan suatu tempat pedupaan yang dibakar sekali seminggu untuk menghormati Dewi Sri (dewi padi), juga merupakan sebuah tempat pengantin pria dan wanita duduk pada upacara pernikahannya.


                            Senthong Tengah (Sumber: popyaly.blogspot.co.id)
  • Senthong
Senthong merupakan sebuah bagian belakang omah yang terdiri dari sebuah tiga ruangan yang sangat tertutup. Senthong Barat merupakan sebuah tempat menyimpan beras dan hasil pertanian lainnnya. Sedangkan sebuah peralatan bertani disimpan di sisi Timur. Senthong ini secara tradisional merupakan sebuah ruangan yang dihias semewah mungkin dan dikenal sebagai suatu tempat tinggal tetap Dewi Sri. Sebuah pasangan pengantin baru terkadang tidur di senthong tengah.

Dan terutama di bagian luar atau belakang kompleks terdapat beberapa bangunan lain seperti sebuah dapur dan kamar mandi. Dan sebuah sumur biasanya ditempatkan di sisi Timur. Sumur ini suatu penyedia air dianggap sebagai sumber kehidupan dan selalu menjadi hal yang paling pertama yang diselesaikan ketika membangun sebuah kompleks rumah baru. Dan bilamana jumlah anggota keluarga atau kekayaan keluarga bertambah, maka sebuah bangunannnya tambahan (gandhok) dapat ditambahkan.

Jadi itulah mengenai sebuah rumah Arsitektur Tradisional Adat Jawa yang sebagaimana kalia sudah ketahui bahwasannya rumah model seperti ini sangatlah bagus dan nyaman bilamana kalian menghuninnya. Dan yang punnya rumah adat jawa ini jarang sekali masih bisa dibilang langka dan dimana-mana yang langka itu berarti barang antik dan pasti hargannya dan kualitasnnya yang sangat bagus.

Mungkin sekian dulu pembahasan dari saya dilanjut kepembahasan berikutnnya. Dan kepada kalian semua saya mengucapkan terima kasih yang telah mengunjungi dan yang membaca website/blog saya dan tak lupa juga semoga apa yang saya tulis ini dapat embantu kalian semua. Serta apa yang saya posting ini dapat bermanfaat untuk hari ini dan hari esok nanti.


Sumber : gedungarsitek

https://en.wikipedia.org

http://1001indonesia.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...