√ PENGERTIAN ATAP RUMAH gedung arsitektur: PENGERTIAN ATAP RUMAH

Kamis, 29 November 2018

PENGERTIAN ATAP RUMAH

                                         PENGERTIAN ATAP RUMAH 



Pengertian Atap Rumah  atap adalah suatu bagian dari atas bangunan yang melindungi bagian bangunan di bawahnnya yang melindungi dari cuaca dan bisa juga di artikan  bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan, yang ada di bawahnya. dan Atap juga merupakan sebuah mahkota yang mempunyai fungsi untuk menambah keindahan dan sebagai pelindung bangunan dari panas dan hujan, debu, atopun sejenis lainnya.

 Atap rumah juga sangat banyak beragam bentuk, dan berkualitas, sangat bernacan-macam tergantung denahnnya yang kita desain atou yang kita rencanakan atou juga yang kita inginkan mau atap seperti apapun bisa, karna atap rumah itu sangat beragam bentuk dan keindahannya karna setiap negara pasti sangat kaya dalam beragam bentuk atap, setiap negara pasti punnya adat masing-masing contohnnya seperti yang kita bahas dari mulai atap rumah pasti berbeda.


Atap rumah juga, bisa di katakan perisai pelindung rumah kita setiap negara pasti beda atapnnya dan setiap kotapun pasti berbeda apalagi sekarang jaman semakin maju teknologi semakin canggih pasti mengikuti era jaman atap rumah juga bisa beda kemiringannya conto 35,45,60,00, sampai ada yang sangat lurus atou seperti piramida sngguh sangat bannyak sekali bentuk-bentuk atap di setiap negara saking bannyaknya sayapun sering kebingungan karna semuannya bagus.

Baca juga : Jenis - jenis material penutup atap



 Ada Beberapa Fungsi Atap Yaitu Sebagai Berikut:


  • Yaitu sebagai menahan dan menghindari dari terik panas matahari, dan menghindari masuknnya air hujan dan dari salju, debu, dan angin, petir dan sebagainnya.
  • Menahan suhu panas dari sinar matahari supaya di ruangan rumah tetap dingin adem dan sejuk dan memberikan kennyamanan untuk penghuninnya.
  • Atap juga mempunnyai fungsi menerima mennyangga beban dari air hujan, debu yang bannyak atupun hal lainnya atap menyalurkan beban ke kuda-kuda kuda-kuda balok tembok, balok temok ke balok lintel, balok lintel ke dinding, dinding ke sloof, sloof ke pondasi.
  • Karna atap juga melindungi bagian-bagian yang ada di bawahnnya yang kecil sampai yang besar, maupun bersifat barang atou bahan bangunan dan yang lainnya.
Yang utamannya fungsi atap sebagai pelindung rumah dari perubahan cuaca iklim, musim hujan dari tetesan air dan benturan air, musim panas yang berlebihan, salju yang membawa beban yang sangat berat atou bisa di sebut hujan es, dan dari angin yang kencang dan membawa perpihan debu, batu kecil, dan petir yang menyambar, dan sebagainnya. dan  punnya peran penting dalam sebuah bangunan

Baca juga : Bentuk - bentuk atap rumah

  • Dalam Pembangunan Rumah Haruslah Memerhatkan Syarat-Syaratnya:
  1. Konstruksinya harus benar-benar sangat kuat sehingga mampu menahan berat beban sendiri, dan untuk menopangnnya semua beban yang mengenainya. 
  2.  Bentuknya atapnnya sesuai dengan konsep desain arsitekturnya rumah yang sudah direncanakan arsitektur atou oleh sendiri.
  3. Bahan penutup yang dipilih wajib yang berkualitas karna disesuaikan dengan tujuan pendirian bangunan dan tahan terhadap cuaca yang ekstrim.
  4.  Sebaiknya perancangan atap rumahnnya modelnya mengambil  dari inspirasi suatu kekayaan budidaya yang kita tinggali, tempati.
  5.  Penutup atpnnya mengikuti kemiringan atap yang telah di tentukan dari awal, supaya ga ada kesalahan memasangnya, dan supaya ga bocor dan biar terlihat rapih, dan indah.

      Material yang digunakan untuk menutupi atap bangunan harus bersifat isolasi, sehingga dapat menahan panas, dingin, dan bunyi. Material ini pun wajib rapat terhadap air hujan, tidak tembus air, dan tidak mengalami perubahan bentuk akibat pergantian cuaca. Di samping itu, bahan penutup atap ini juga gampang dirawat, tidak mudah terbakar, bobotnya ringan, kedudukannya mantap, serta tahan lama. yang penting berkualitas.

Konstruksi yang biasanya digunakan untuk menyokong atap ialah rangka kuda-kuda. Tidak hanya menyangga beban atap, rangka ini sekaligus pula memberikan bentuk pada atap tersebut. karna kalau ga ada kuda-kuda atap mau nempel nyangga ke mana jadi kuda-kuda sangat penting untuk atap karna memasang atap mengikuti alur kemiringan kuda-kuda, jadi sangatlah penting menentukna kemiringan kuda-kuda.

Baca juga : Pengertian atap dan jenis - jenisnnya

Secara prinsip, rangka atap tipe kuda-kuda dibuat dengan menghubungkan batang kaki kuda-kuda kanan dan kuda-kuda kiri dan sampai terbentuk kuda-kuda, kaki kuda-kuda di bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk bangun segitiga yang baik. Kebutuhan akan konstruksi kuda-kuda ini berbeda-beda tergantung pada berat atap dan bahan penutup yang digunakan. Namun suaatu hal yang sama, dalam setiap susunan batang kaki kuda-kuda penopang ini harus saling mengikat dan membentuk satu kesatuan yang kokoh sehingga sanggup bekerjasama dalam memikul beban yang mengenainya ke kuda-kuda tersebut  tanpa mengalami perubahan. 

Dalam penutup atap haruslah tersusun rapih biar semua yang masuk bisa di halow oleh atang tersebut, penutup atap tersebut boleh dari apa saja yang penting aman untuk di pakai penutup atap bisa dari genteng tradiisional, tanah liat, dari seng, beton, asbes, plastik pv, genteng kramik dan sebaginnya, boleh saja mungkin di sarankan pilih yang menurut kalian bagus, dan berkualitas dan aman untuk di pakai menutupi bangunan rumah janan pilih penutup atap yang tidak berkualitas nantinnya takut malh membahayakan ke penghuninnya bangunan tersebut atou ga nyaman di pakai bocorlah apalah yang ga buat nyaman.

         
Sumber : gedungarsitek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Apa saja yang termasuk konstruksi

 Beberapa Contoh Jenis Konstruksi adalah: 1. Konstruksi Gedung. Konstruksi Gedung adalah Konstruksi yang direncanakan sebagai bangunan denga...