√ BENTUK-BENTUK ATAP RUMAHgedung arsitektur: BENTUK-BENTUK ATAP RUMAH

Selasa, 26 Maret 2019

BENTUK-BENTUK ATAP RUMAH

BENTUK-BENTUK ATAP RUMAH


Bentuk-Benuk Atap Rumah, adallah suatu bentuk atap yang di pakai untuk pelindung bangunan rumah, atou penghias bangunan, dan bentuk atappun sangat berguna karna atap sangatlah penting untuk desain rumah, begitupun dengan atap rumah sangatlah bermacam-macam, dan pilihlah atap rumah yang kita sangat sukai dan bentuknya sangatlah bagus.

Atap rumah juga bukanlah hanya sekedar sarana untuk berteduh atupun bernaung, karna suatu atap rumah sangatlah memengaruhi sirkulasi udara terutama dalam kenyamanan, siapapun yang berdiri di bawahnya pasti merasakan nyaman, karna bentuk atap rumah akan menambahkan suatu nilai keindahan, terutama kenyamanan, kepada penghuninya.

Nama-Nama Bentuk Atap

Ada beberapa bentuk atap yang sering digunakan di masyarakat sa'at ini,  terutama dalam lingkungan yang kita diami atou yang kita tinggali itu akan menentukan atap rumah yang kita pakai, atoupun atap yang kita pakai ingin  berbeda dengan atap-atap di lingkungan masyarakt tersebut, boleh saja atap kita ingin tampil berbda di lingkungan tersebut.
  • Atap Datar

Bentuk atap datar ini adalah yang paling sederhana, bentuknya berbentuk horizontal tanpa harus ada pertemuan sisiatap, karna atap ini sangatlah lajim digunakan pada suatu rumah gaya minimalis, atou gaya minimalis modern, atap datar ini sangatlah simpel, ringkas, dan serba lurus,tidak ribet dan sangat mudah untuk membutnya dan dibutnnya.

  • Atap Pelana


Atap pelana juga banyak di pakai di kalangan masyarakat, atap pelana sering dan banyak di gunakan untuk atap sekolah,pabrik,kos inapan, terutama rumah, ciri-cirinya kuda kudanya segitiga jurainny 1 garis jurai luar aja atapnya 2 sisi sama dan bertemunya di puncak bubungan, dengan kemiringan 30-40 drajat, atap pelana sangatlah cocok untuk darerah rumah yang tropis, karna daerah yang teropis cocok memakai atap pelana.
  • Atap Gergaji 


Atap gergaji biasanya banyak digunakan untuk rumah hunian, terutama rumah gaya industrial, dan pabrik atou lapangan industri, karena bentuk atapnya yangsanat curam dan dapat melindungi pekerja, dan mesin-mesin pabrik dari sinar matahari langsung. 
  • Atap Periasi

Atap perisai ini sangatlah indah dan terbentuk dari empat bentuk bidang, yaitu dua bidang trapesium dan juga dua bidang segitiga, yang keduannya trapesium,segitiga bertemu di bubungan atou bisa di sebut jurai luar, atap perisai ini juga banyak di pakai dan digunakan terutama di kalangan masyarakat atou daerah yang kita tempati tinggali.
  • Atap Kombinasi  ( Pelana + Perisai )


Atap kombinasi ini adalah gabungan dari atap pelan dan atap perisai, atap kombinasi ini adalah penyempurna dari dua bentuk atap tersebut, atap ini sangatlah lajim digunakan dari ukuran kecil sampai ber'ukuran besar,  atap perisai biasannya digunakan pada bagian rumah yang memanjang ke samping, sedangkan atap pelana digunakan untuk bagian depan rumah, atoupun bisa juga sebaliknnya.
  • Atap Tenda

Atap tenda kadang biasanya terdapat pada suatu bangunan yang berbentuk persegi,lengkung, dan banyak lagi model-model yang lain,  di mana ukuran atapnnya  sama panjang, dengan lebarnya sama, dan juga empat bidang atap yang sama dan berbentuk segitiga, juga memiliki ukuran-ukuran dan kemiringan yang begitu sama.
  • Atap Sandar

Atap Sandar  merupakan pengembangan dari suatu atap pelana dan atap-atap yang lain,  karna atap sandar ini hanya menggunakan satu bidang atap, dan tanpa bubungan.atap ini sangatlah lebih simpel dari atap- atap yang lainnya,  Awalnya atap ini digunakan pada bangunan tambahan saja di sebuah rumah. Lambat laun atap sandar juga digunakan sebagai bangunan utama dan menciptakan suatu kesan futuristik, terutama pada desain rumah gaya modern, bentuk atap ini simpel dan indah.
  • Atap Pelana Ganda 

Atap pelana ganda adalah karna memadukan dua atap pelana pada satu bangunan, dan Jika dilihat dari tampak muka, atu juga bisa di sebut tampak depan, atap ini akan sangat terlihat membentuk huruf M, atap ini juga ga kalah indah dengan atap yang lain.
  • Atap Kubah

Atap kubah yang ini berbentuk seperti separuh bagian dari bola dan bisa kita lihat pada tempat-tempat ibadah seperti masjid dan gereja. karna semakin perkembangannya jaman, atap kubah ini juga digunakan sebagai gedung konser orkestra, dan museum, gedung pertemuan, atau untuk aktivitas suatu kesenian lainnya. 
  • Atap Gambrel


Atap gambrel ini juga biasanya sering disebut atap belanda ( Dutch roof ) dan juga di Inggris dan di Amerika Utara, atap ini juga terdiri dari dua bidang dan masing-masing bidang terdiri dari dua kemiringan pada setiap suatu sisinya, yaitu suatu landai di bagian atas dan sangatlah  curam di bagian bawah, desain atap ini jarang digunakan di negara Indonesia, tetapi masih ada bangunan rumah pada masa kolonial.
  • Atap Piramida

Atap piramida sering digunakan pada suatu bagian rumah yang berbentuk segi enam,segi delapan, musium,rumah adat,dan bangunan -bangunan lainnya,atap piramida ini sangatlah indah tapi jangan kalian lupakan ketika kalian buat atap ini untuk keluar masuknnya udara kalian harus memberikan pencahaya'an dan lubang untuk udara, dan atap ini sehingga membentuk bidang segitiga juga atap ini bisa lebih dari empat bidang.
  • Atap Mansard

Atap mansard ini biasa juga disebut atap french roof atau atap prancis, karena  jenis atap ini banyak sangat banyak digunakan di negara, awal Abad Pertengahan. atap ini juga gabungan perpaduan dari atap gambrel dan atap perisai, di mana terdapat empat bidang curam yang bertemu di bagian puncak berbentuk atap perisai. oleh karna itu pada bagian atap yang sangat curam akan membentuk suatu ruang kosong di bagian atas atap rumah tersebut juga bisa dimanfa'atkan sebagai ruang tidur atou loteng.
  • Atap Joglo (atap bonnet) 

Atap joglo atou bisa di sebut atap bonnet ini merupakan suatu kebalikan dari atap mansard, atap bonnet begitu curam di bagian puncak dan sangat melandai di bagian tepinya.namun atap ini juga berbentuk  atap limas bersusun,  karna atap ini bannyak di gunakan di rumah adat jawa, maka orang-orang sering menyebutnnya atap joglo.
  •  Atap Kupu-Kupu


Atap kupu-kupu ini kebalikan dari atap pelana, bentuk atap ini banyak mengundang perhattian orang lain, karna dengan dua bagian atap yang lebih tinggi di bagian tepi dan menukik curam di puncaknya, dan atap ini bisa mengumpulkan air hujan di suatu bagian atasnya dan tengahnnya, setelah mengumpul airnnya air ini bisa kita manfa'atkan untuk kebutuhan kita seperti memenuhi kolam atou untuk mencuci,nyiram tanaman dan yang lainnya, namun kita harus memerhatikan atapnnya supaya atap tersebut mampu menopang air supaya ga bocor si atapnnya.

sekian atas pembahasan saya kali ini, yang sangat simpel dan semoga bermanfa'at kepada yang membaca artikel ini, terima kasih atas kunjungan-nya, masih banyak lagi penutup atap yang lainya, di sambung di lain waktu dan kesempatan lainnya, temukan suatu atap yang sangat bagus dan indah tipe kalian karna atap sangatlah indah bila kita menghiasinnya.  



Sumber : gedungarsitek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Apa saja yang termasuk konstruksi

 Beberapa Contoh Jenis Konstruksi adalah: 1. Konstruksi Gedung. Konstruksi Gedung adalah Konstruksi yang direncanakan sebagai bangunan denga...