√ SYARAT-SYARAT MEMBUAT ATAP RUMAHgedung arsitektur: SYARAT-SYARAT MEMBUAT ATAP RUMAH

Kamis, 18 April 2019

SYARAT-SYARAT MEMBUAT ATAP RUMAH

SYARAT-SYARAT MEMBUAT ATAP RUMAH

 Atap adalah bagian dari suatu bangunan yang berfungsi sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnnya terhadap pengaruh panas, hujan, dan angina, debu atou untuk keperluan perlindungan.

Bila ditinjau dari keindahannya dapat dikatakan bahwa atap itu merupakan “mahkota” bangunan, karna baik buruknyya suatu bangunan akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan bentuk atap yang sesuai degan bangunan bawahnnya, pemilihan atap hendaknnya memerhatikan iklim setempat, tampak atap yang dihendaki, biaya yang tersedia dan bahan bahannya dengan mudah didapat di mana bangunan itu didirikan.

Syarat-syarat atap yang harus dipenuhi antaara lain:

1. Kontruksi atap harus kuat menahan beratnnya sendiri dan tahan terhadap tekanan maupun tiupan angin atou beban-beban lain, seperti berat air hujan.

2. Pemilihan bentuk atap yang akan dipakai hendaknnya sedemikian rupa, sehingga menambah keindahan serta kennyamanan bertempat tinggal bagi penghuninnnya.

3. Agar rangka atap tidak mudah diserang oleh rayap/bubuk, perlu diberi lapisan pengawet (lapisan tir).

4. Bahan penutup atap harus tahan terhadap pengaruh perubahan cuaca.

5. Kemiringan atou sudut lereng atap harus disesuaikan dengan jenis bahan penutupnnya, makin rapat jenis bahan penutupnnya, maka kemiringannya dapat dibuat lebih landai, seperti bahan hdari seng, kaca, asbes dan lain-lainnya.
Pada kebannyakan bangunan, atapnnya selalu dibuat miring dengan maksud agar air hujan dengan cepat dapat meninggalkan bidang atap atou ruangan yang dibentuk olehnnya dapat berfungsi sebagai isolasi terhadap pengaruh perubahan cuaca, disamping menambah keindahan bangunan itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan feed

Definisi Warna

gedungarsitek.blogspot.com - Apa definisi dari warna? Apa kamu tahu definisi warna? Apa saya harus paham, tahu definisi warna? Kenapa deng...